Kamis 15 Jun 2023 14:22 WIB

Kontingen Kalteng Juara Umum Penas KTNA XVI

Aktivitas lain yang tidak dilombakan juga diikuti aktif seluruh peserta Penas Kalteng

Pekan Nasional (Penas) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) XVI di Kota Padang Sumatera Barat menempatkan kontingen Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) sebagai juara umum.
Foto: Dok Humas Pemprov Kalteng.
Pekan Nasional (Penas) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) XVI di Kota Padang Sumatera Barat menempatkan kontingen Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) sebagai juara umum.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Pekan Nasional (Penas) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) XVI di Kota Padang Sumatera Barat menempatkan kontingen Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) sebagai juara umum. Tropi tersebut diserahkan langsung oleh Gubernur Sumatera Barat H Mahyeldi saat penutupan acara yang  digelar di Lanud Sutan Syahrir Kota Padang, Sumatera Barat, Kamis (15/6/2023).

"Kalteng ditetapkan sebagai juara umum karena berhasil meraih Juara Nasional, yaitu Juara I untuk Lomba Unjuk Tangkas, Juara II Lomba Asah Terampil, dan juga menerima beberapa penghargaan dari Menteri Pertanian yaitu untuk Ajang Peragaan, Temu Karya Petani, Paduan Suara dan Gita Nusantara," kata Ketua I KTNA Provinsi Kalteng Jaelani usai acara.

Selain itu, kata dia, aktivitas lain yang tidak dilombakan juga diikuti secara aktif oleh seluruh peserta Penas XVI Kalteng. "Seperti temu sukses petani dan penyuluh, rembuk tani, temu agribisnis, gelar teknologi, dan lain-lain,” ungkapnya.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas TPHP Prov.Kalteng Muhajirin Akbar menyampaikan apresiasinya atas prestasi kontingen PENAS Kalteng yang berhasil membawa kemenangan bagi daerah Kalteng. "Semoga prestasi ini dapat dipertahankan di ajang Penas XVII di Provinsi Gorontalo tahun 2026," harapnya. 

Penas merupakan ajang pertemuan para petani dan nelayan yang digagas tokoh tani nelayan sejak tahun 1971. Penas XVI yang telah berlangsung di Kota Padang, Sumatera Barat pada tanggal 10 sampai dengan 15 Juni 2023 sebagai wahana bagi para petani nelayan seluruh Indonesia untuk melakukan berbagai kegiatan.

Kegiatan tersebut meliputi konsolidasi antar petani dan nelayan, pengembangan diri, tukar menukar informasi, apresiasi, kemitraan dan promosi hasil pertanian, hingga membahas potensi perikanan dan kehutanan yang dari tiap daerah se-Indonesia.

photo
Pekan Nasional (Penas) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) XVI di Kota Padang Sumatera Barat menempatkan kontingen Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) sebagai juara umum. - (Dok Humas Pemprov Kalteng)
 

Sebelumnya, Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Edy Pratowo bersama jajaran Pemprov Kalteng pada saat menghadiri secara langsung pembukaan Penas di Kota Padang, Sabtu (10/6/2023) lalu, berharap agar momentum Penas dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dengan persiapan yang maksimal sehingga membuahkan kesuksesan bagi petani nelayan Kalteng. 

Senada dengan Wakil Gubernur Edy Pratowo, Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan Provinsi Kalteng Sunarti yang juga ikut mendampingi kontingen Penas Kalteng saat pembukaan Penas menjelaskan kehadiran petani nelayan pada Penas di Kota Padang ini diharapkan dapat memberi motivasi kepada petani nelayan lainnya untuk saling berinteraksi dan bersinergi dalam memanfaatkan sumber daya alam pertanian yang tersedia di daerah masing-masing.

"Selain itu juga diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan terkait perbaikan mutu produksi pertanian dan peningkatan pendapatan mereka sehingga meningkatkan kesejahteraan keluarga petani nelayan," kata Sunarti. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement