Rabu 19 Jul 2023 13:11 WIB

Rangkul Masyarakat Banjar, Ganjar Muda Padjajaran Ingatkan Jaga Pola Hidup Sehat

Ada juga kalangan milenial yang mengikuti lomba layang-layang.

Gempung Riung Ruang Terbuka Hijau di Kebon Jati Pulo Majeti Kampung Siluman Baru, Kelurahan Purwaharja, Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar, Jawa Barat.
Foto: Dok. Gmp
Gempung Riung Ruang Terbuka Hijau di Kebon Jati Pulo Majeti Kampung Siluman Baru, Kelurahan Purwaharja, Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, BANJAR -- Kelompok relawan GMP memiliki cara asyik dan menarik untuk bisa merangkul masyarakat yang berada di Kota Banjar, Jawa Barat. Salah satunya ialah dengan menggelar senam bersama dan lomba layang-layang yang diadakan di Ruang Terbuka Hijau di Kebon Jati Pulo Majeti Kampung Siluman Baru, Kelurahan Purwaharja, Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar, Jawa Barat. 

Rendra Wibawa Setiawan selaku Ketua Umum GMP atau Ganjar Muda Padjajaran mengatakan kegiatan tersebut berlangsung meriah karena dihadiri ratusan warga.  "Kegiatan ini berjalan sangat meriah. Banyak masyarakat menghadiri acara ini mulai dari berbagai kalangan," kata Rendra seperti dilansir pada Rabu (19/7/2023). 

Baca Juga

Dia menambahkan ada sebagian warga menghadiri acara tersebut untuk melakukan senam bersama. Ada juga kalangan milenial yang mengikuti lomba layang-layang. 

Menurut Rendra, perlombaan layang-layang dilaksanakan di area pesawahan yang berada di kampung tersebut. Dia menilai para peserta sangat antusias mengikuti perlombaan itu. 

Rendra menyebut, perlombaan tersebut dilaksanakan untuk memperlihatkan nilai budaya kearifan lokal sekitar. Dia mengatakan para peserta dituntut  merancang layang-layang agar bisa diterbangkan. 

"Kegiatan ini untuk meningkatkan dan mengembangkan kepedulian warga Pulo Majeti untuk lebih menghidupkan kembali suasana perkampungan yang sangat guyub kompak dan memperlihatkan nilai budaya kearifan lokal," tutur dia. 

Di lokasi berbeda, kata dia, para ibu-ibu dan milenial melakukan olahraga senam bersama. "Ada juga para ibu-ibu melakukan senam bersama," ungkapnya. 

Dia menegaskan kegiatan ini diadakan untuk bisa mempererat jalinan silatuhrahmi, sekaligus melestarikan permainan tradisional yang saat ini banyak dilupakan oleh masyarakat. 

"Layang-layang merupakan olahraga masyarakat lokasi yang sangat ramai dilakukan warga setiap sore hari sebagai bentuk rasa syukur menikmati keindahan langit Kota Banjar," ungkap dia. 

Di sela kegiatan tersebut, Rendra juga tidak lupa memperkenalkan sosok Ganjar Pranowo sebagai calon presiden 2024 kepada masyarakat yang menghadiri acara tersebut.

Adapun dinamika menuju 2024 terus menarik perhatian. Teranyar, seperti dinukil dari Antara, Ahad (16/7/2023), Lembaga Survei Indonesia (LSI) mengeluarkan survei politik terbarunya, di mana Ganjar Pranowo masih berada di angka tinggi, 32,2 persen.

Jika tak ada badai politik, kemungkinan tak akan ada perubahan yang signifikan terhadap kandidat capres. Sebab kandidat capres yang saat ini muncul sudah mencerminkan kecenderungan masyarakat untuk memilih kandidat capres.

Adapun, masih berdasarkan survei politik yang dikeluarkan LSI, saat ini Erick Thohir (21,2%) menempati urutan teratas dari kandidat cawapres pilihan masyarakat.

Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan mengatakan, posisi Erick ini merupakan yang tertinggi. Djayadi menilai tingginya elektabilitas merupakan suatu yang sangat wajar.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement