Selasa 18 Jul 2023 20:17 WIB

Jokowi Semakin Percaya Dengan Erick Thohir Jelang Pilpres 2024

Jokowi berharap orang-orang yang pernah di BUMN menyelesaikan program pemerintah.

Menteri BUMN Erick Thohir (keempat dari kanan), Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo (kanan), Wakil Menteri BUMN Rosan Roeslani (kedua dari kanan), dan mantan Wakil Menteri BUMN Pahala Nugraha Mansury (ketiga dari kanan) saat inaugurasi Wakil Menteri BUMN di kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (17/7/2023).
Foto: Dok Kementerian BUMN
Menteri BUMN Erick Thohir (keempat dari kanan), Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo (kanan), Wakil Menteri BUMN Rosan Roeslani (kedua dari kanan), dan mantan Wakil Menteri BUMN Pahala Nugraha Mansury (ketiga dari kanan) saat inaugurasi Wakil Menteri BUMN di kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (17/7/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Jelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang Presiden Joko Widodo (Jokowi) semakin percaya terhadap Menteri BUMN Erick Thohir dalam pemerintahan Indonesia. Terbaru, orang nomor satu di Indonesia ini melantik pemimpin – pemimpin kepercayaan Erick Thohir untuk mengisi posisi strategis di pemerintahan pada reshuffle kabinet Senin kemarin (17/07).

Pemimpin binaan Erick Thohir ini adalah Nezar Patria, staf khusus Erick Thohir yang kini menjadi Wamenkominfo, Rosan Roeslani yang menjadi Wamen BUMN dan Pahala Mansury yang bergeser posisi dari Wamen BUMN I menjadi Wamenlu. Hal ini tidak mugkin terjadi tanpa adanya kedekatan hubungan dan kepercayaan antara Presiden Jokowi dan Erick Thohir.

Baca Juga

"Sepertinya ada juga 'jejak bayangan' Erick Thohir di balik pengambilan keputusan dan penempatan sejumlah nama-nama tokoh dalam reshuffle kali ini," terang Direktur Eksekutif Institute for Democracy & Strategic Affairs (IndoStrategic), Khoirul Umam di Jakarta pada Selasa (18/7/2023).

"Wamen BUMN Pahala Mansury yang kini digeser ke posisi Wamenlu, lalu ditariknya Dubes AS Rosan sebagai Wamen BUMN, serta akan ditempatkannya Wisnutama sebagai Dubes AS, merupakan tiga nama yang memiliki simpul kedekatan dengan Erick Thohir," imbuhnya.

Dosen Ilmu Politik dan International Studies Universitas Paramadina ini juga melihat reshuffle kabinet kemarin tidak lepas dari strategi di Pilpres 2024 mendatang. Mengingat, Erick Thohir banyak mendapatkan dukungan dari masyarakat untuk menjadi cawapres di kontestasi demokrasi mendatang.

Pengusungan Erick Thohir sebagai cawapres juga sejalan dengan keinginan Presiden Jokowi yang menginginkan pemimpin kepercayaannya menjadi pemimpin Indonesia selanjutnya agar program pembangunan pemerintah dapat terus dilanjutkan. Dengan masuknya orang-orang terdekat Erick Thohir di dalam lembaga strategis negara dipercaya dapat menguatkan konsolidasi dari berbagai sektor untuk menyukseskan keterusungan dan keterpilihan pada kontestasi demokrasi mendatang.

"Bisa jadi Erick Thohir berusaha menempatkan orang-orang dekatnya di simpul-simpul kekuasaan yang bisa menyukseskan agenda 2024 mendatang, mulai dari rekonsolidasi logistik hingga penggalangan dukungan lingkungan internasional strategis," pungkas Umam.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik satu menteri dan lima wakil menteri di Istana Negara, Jakarta, Senin (17/7/2023) pagi. Satu menteri yang dilantik yakni Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) untuk menggantikan Johnny G Plate yang terjerat kasus korupsi.

Pelantikan berdasarkan Keputusan Presiden No 62/P Tahun 2023 tentang pengangkatan Menteri Komunikasi dan Informatika Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024. Dan Keputusan Presiden No 32/M Tahun 2023 tentang pemberhentian dan pengangkatan Wakil Menteri Kabinet Indonesia Maju.

Berikut daftar menteri dan wakil menteri yang dilantik:

1. Budi Arie sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika

2. Nezar Patria sebagai Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika

3. Pahala Nugraha Mansury sebagai Wakil Menteri Luar Negeri

4. Paiman Raharjo sebagai Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi

5. Rosan Roeslani sebagai Wakil Menteri BUMN

6. Saiful Rahmat sebagai Wakil Menteri Agama

Selain itu, Jokowi juga melantik dua anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres), yakni Djan Faridz dan Gandi Sulistiyanto Soeherman.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement