Ahad 16 Jul 2023 19:48 WIB

Menkominfo Baru Bakal Dilantik Besok, Siapa Pengganti Johnny G Plate?

Presiden Jokowi akan melantik Menkominfo baru pengganti Johnny G Plates besok.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Bilal Ramadhan
Terdakwa mantan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate. Presiden Jokowi akan melantik Menkominfo baru pengganti Johnny G Plates besok.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Terdakwa mantan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate. Presiden Jokowi akan melantik Menkominfo baru pengganti Johnny G Plates besok.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melantik sejumlah menteri dan wakil menteri di Istana Kepresidenan Jakarta pada Senin (17/7/2023) esok. Agenda pelantikan ini dikonfirmasi Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media, Sekretariat Presiden, Bey Machmudin.

"Benar, besok pagi akan ada pelantikan oleh Bapak Presiden," kata Bey kepada wartawan.

Baca Juga

Kendati demikian, Bey tidak menyebut siapa saja dan menteri apa saja yang akan dilantik pada esok hari. "Tapi untuk jabatan apa dan siapa yang akan dilantik, kita lihat besok bersama di Istana Negara," lanjutnya.

Selain itu, Bey juga tidak mengungkap pukul berapa agenda pelantikan menteri dan wakil menteri akan dilakukan. Ia meminta untuk menunggu agenda resmi Kepresidenan.

"Untuk waktunya jam berapa, tunggu agenda saja, ya," kata Bey.

Berdasarkan informasi dari undangan yang beredar, Presiden Jokowi akan melakukan pelantikan sejumlah menteri dan wakil menteri Kabinet Indonesia Maju sisa masa jabatan periode 2019-2024. Pelantikan juga akan dilakukan terhadap anggota Dewan Pertimbangan Presiden.

Salah satu kursi menteri yang kosong saat ini yakni Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo). Sedangkan sejumlah kursi wakil menteri yang kosong di antaranya yakni Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi; Wakil Menteri Luar Negeri; dan Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara.

Sejumlah nama yang beredar yang akan dilantik pada Senin esok di antaranya Budi Arie, Nezar Patria, Prof Paiman Raharjo, Pahala Mansury, Rosan Roeslani, dan Djan Farid.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement