Jumat 14 Jul 2023 11:41 WIB

Ada Warga di Jakarta Tinggal di Atas Tumpukan Sampah, Sementara Rusunawa Dihuni Orang Kaya

Warga RT 17 RW 4 Kapuk Muara tinggal di rumah panggung di atas tumpukan sampah.

Kondisi rumah panggung warga RT 17 RW 04 Kelurahan Kapuk Muara, Jakarta Utara yang kolong rumahnya dipenuhi tumpukan sampah pada Kamis (13/7/2023).
Foto:

Jika Kelurahan Kapuk Muara, Jakarta Utara masih ada warga yang tinggl di rumah di atas tumpukan sampah, rumah susun sederhana sewa (rusunawa) di Muara Angke saat ini justru diisi oleh orang-orang yang bisa dibilang mampu atau berkecukupan. Fenomena itu ditemukan di Cinta Kasih Budha Tzu Chi 2 Muara Angke, Penjaringan, Jakarta Utara.

Seorang penghuni Rusunawa Cinta Kasih Budha Tzu Chi 2 Muara Angke bernama Umi Kulsum (26 tahun) menginformasikan, kebanyakan penghuni di lantai bawah dari kalangan warga mampu dengan jabatan tinggi.

"Ya di lantai bawah mah kebanyakan yang nempatin bos-bos besar makanya punya mobil. Usahanya lancar di perikanan. Kayak di tempat pelelangan ikan," kata dia.

Untuk kebersihan dan keamanan menurutnya sangat nyaman dan aman. Sehingga, ia betah dan tidak mau pindah ke mana-mana lagi terlebih ia seorang ibu rumah tangga. 

"Ya suami saya kerjanya salah satu mal (pusat perbelanjaan) di Jakarta Utara. Tapi kebanyakan yang tinggal di sini nelayan," ujar dia.

Umi menjelaskan, uang sewa per unit di rusunawa yang ia tempati dibedakan berdasarkan lantainya. Jika lantai 5 sampai dengan 3 dikenakan Rp 400 ribu per bulan, sementara lantai 1 dan 2 dikenakan uang sewa Rp 500 ribu per bulan.

 

Selain itu, menurut Umi, penghuni juga bisa membeli unit di Rusunawa Cinta Kasih Budha Tzu Chi 2 Muara Angke sebesar Rp 40 juta per unit. Namun, penguhuni tetap harus membayar iuran air bersih dan fasilitas unit per bulannya.

"Beli per unit Rp 40 juta bisa. Tapi tetap bayar per bulannya untuk uang iuran. Kataku mah mahal banget. Ngontrak sama beli sama saja," kata dia.

Rusunawa Cinta Kasih Budha Tzu Chi 2 Muara Angke, Penjaringan, Jakarta Utara ini berada di samping lapangan sepak bola Muara Angke. Di dalam Rusunawa tersebut terdapat tempat parkiran. Parkiran tersebut penuh dengan mobil salah satunya terdapat merek Honda HRV.

Terdapat tujuh blok yaitu A sampai G. Lingkungan Rusunawa ini bersih dan tentunya ada pihak keamanan yang berjaga. Lalu, terdapat taman dan aula yang besar juga di dalam rusunawa ini.

 

 

 

photo
 
Deretan mobil terparkir di Rusunawa Cinta Kasih Budha Tzu Chi 2 Muara Angke, Penjaringan, Jakarta Utara pada Kamis (13/7/2023). - (Republika/Haura Hafizhah)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement