Senin 10 Jul 2023 23:02 WIB

Padang Masuk Kategori Kota Wisata untuki Hari Tua

Masa tua yang dihabiskan di kota dengan suasana damai dan tenang memang jadi impian.

Rep: Febrian Fachri / Red: Gita Amanda
Pengunjung menikmati matahari terbenam (sunset) dari puncak Bukit Gado-gado, di Padang, Sumatera Barat, (ilustrasi). Padang merupakan salah satu kota terbaik tempat berwisata dan menikmati hari tua.
Foto: ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra
Pengunjung menikmati matahari terbenam (sunset) dari puncak Bukit Gado-gado, di Padang, Sumatera Barat, (ilustrasi). Padang merupakan salah satu kota terbaik tempat berwisata dan menikmati hari tua.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Kota Padang merupakan salah satu kota terbaik tempat berwisata sekaligus tempat menikmati hari tua. Hal ini berdasarkan survei yang dilakukan lembaga Good Stats terhadap sejumlah daerah di Indonesia.

"Tentunya kita bersyukur atas capaian ini, hal ini akan menjadi motivasi dan semangat agar lebih giat dan mendorong para stakeholders pariwisata Kota Padang untuk lebih meningkatkan kualitas dan layanan pariwisata," kata Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang Yudi Indrasyani, Senin(10/7/2023).

Baca Juga

Lembaga survei Good Stats melakukan survei terhadap ratusan respons yang berada di pulau Jawa. Mereka mengakui bahwa Kota Padang merupakan kota terbaik untuk berwisata, sekaligus kota terbaik untuk menikmati hari tua.

Dari banyaknya destinasi wisata di Indonesia, Padang menduduki posisi ke-5 dengan hasil 28 persen memilihnya pada kategori Kota Terbaik untuk Wisata.

Pada peringkat pertama survei, Kota Terbaik untuk Wisata adalah Yogyakarta yang dipilih 71 persen responden. Kemudian, berturut-turut peringkat kedua hingga keempat adalah Denpasar 70 persen, Bandung 52 persen, dan Malang 33 persen.

Sedangkan, pada kategori Kota Terbaik untuk Menikmati Masa Tua, Padang juga menduduki posisi ke-5 dengan hasil pilihan dari 26 persen responden. Posisi pertama hingga keempat Kota Terbaik untuk Menikmati Masa Tua adalah Yogyakarta 51 persen, Bandung 40 persen, Solo 38 persen dan Malang 33 persen.

Masa tua yang dihabiskan di kota dengan suasana damai dan tenang memang menjadi impian bagi banyak orang. Selain itu, keadaan kota yang sejuk dan asri menjadi pendukung kota untuk menikmati masa tua juga menjadi alasan orang untuk menghabiskan masa tuanya.

Hal lain yang menjadi pertimbangan adalah biaya hidup di masa tua. Aspek lain yang menjadi pilihan orang yang disurvei adalah lingkungan sekitar, seperti masyarakat yang hangat dan ramah. Kota terbaik untuk menjadi masa tua adalah kota dengan fasilitas kesehatan yang lengkap.

Aspek lainnya yang menjadi pertimbangan adalah transportasi umum yang memadai, banyaknya peluang di sektor agrikultur, dan banyaknya peluang di sektor peternakan. Diakui, Kota Padang selama ini memang ditunjang dengan fasilitas lengkap tersebut.

Adapun survei yang dilakukan Good Stats tersebut dilakukan pada 300 responden, mayoritas responden berada di Pulau Jawa. Responden terbanyak diisi oleh Provinsi Jawa Barat Jawa Timur, Jawa Tengah, Banten, dan DI Yogyakarta sebanyak 64,8 persen. Sisanya 35,2 persen diisi responden dari luar Pulau Jawa.

Sementara itu, survei dilakukan dilaksanakan pada tanggal 20 November sampai 4 Desember tahun 2022. Mayoritas responden adalah berjenis kelamin laki-laki 62,1 persen sedangkan sisanya berjenis kelamin perempuan 37,9 persen.

"Kita berharap Padang menjadi kota yang layak dikunjungi oleh orang tua yang ingin menikmati masa tuanya," ujar Yudi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement