Jumat 07 Jul 2023 23:17 WIB

Distribusi Pupuk Subsidi dan Alsintan Tapanuli Utara Diawasi Polri

Hal ini agar tak ada penyelewengan yang merugikan negara.

Rep: Fergi Nadira B/ Red: Fuji Pratiwi
Kios Pupuk Bersubsidi milik Koperasi.
Foto: Republika/Dedy Darmawan Nasution
Kios Pupuk Bersubsidi milik Koperasi.

REPUBLIKA.CO.ID, TAPANULI -- Mabes Polri memantau distribusi pupuk bersubsidi dan bantuan alat mesin pertanian di Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatra Utara. Bantuan tersebut merupakan salah satu program Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pertanian atas kerja sama dengan Mabes Polri.

"Pemantauan ini tujuannya agar distribusi pupuk subsidi dan bantuan alat dan mesin pertanian yang merupakan program Pemerintah melalui Kementerian Pertanian tepat sasaran, digunakan secara optimal dan tidak diselewengkan sehingga menyebabkan terjadinya kerugian keuangan negara," ujar anggota Satgassus Pencegahan Korupsi Mabes Polri, Yudi Purnomo Harahap, Jumat (7/7/2023).

Baca Juga

Dia mengatakan, tim Satgassus juga melakukan kegiatan pengambilan sampel pupuk subsidi untuk diuji di laboratorium mengenai kelayakannya. Menurut mantan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ini, dukungan terhadap ketahanan pangan merupakan salah satu tugas prioritas Polri dalam mendukung penuh program Pemerintah dan perhatian Polri kepada Petani.

"Itulah sebabnya Kapolri memerintahkan secara khusus Satgassus Pencegahan Korupsi Mabes Polri untuk melakukan langkah-langkah pencegahan korupsi dan mengantisipasi adanya penyelewengan di bidang ketahanan pangan. Sebab jika korupsi dan penyelewengan terjadi maka tentu akan mengganggu ketahanan pangan nasional kita," tegas Yudi.

Yudi merunut, kegiatan awal dimulai dengan pertemuan Kapolres dan Wakil Bupati Tapanuli Utara di Kantor Bupati. Setelah pertemuan, tim Satgassus kemudian melakukan kunjungan ke satu kios pupuk untuk memastikan distribusi pupuk subsidi benar sampai ke petani.

"Satgassus juga melakukan dialog dan pembekalan antikorupsi kepada seluruh distributor dan kios pupuk subsidi yang ada di Tapanuli Utara agar melaksanakan penyaluran pupuk subsidi sesuai dengan peraturan yang berlaku," kata Yudi.

Selain itu, Satgassus juga melakukan pengecekan fisik terhadap bantuan alsintan dari Kementerian Pertanian yang diterima oleh petani. Ketua Tim, Hotman Tambunan menyatakan bahwa dari kegiatan pemantauan berjalan baik dan memperoleh hasil yang diinginkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement