Ahad 02 Jul 2023 14:47 WIB

Kepercayaan kepada Kejagung Capai Tertinggi dalam Sejarah

Dalam setahun kepercayaan terhadap Kejagung konsisten tinggi.

Direktur Indikator Politik, Burhanuddin saat memaparkan hasil survei bertajuk ‘Evaluasi Publik Atas Kinerja Lembaga Penegak Hukum dan Perpajakan’ secara virtual, Ahad (2/7/2023).
Foto: istimewa/tangkapan layar
Direktur Indikator Politik, Burhanuddin saat memaparkan hasil survei bertajuk ‘Evaluasi Publik Atas Kinerja Lembaga Penegak Hukum dan Perpajakan’ secara virtual, Ahad (2/7/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tingkat kepercayaan publik terhadap kinerja Kejaksaan Agung (Kejagung) mencapai puncak tertinggi dari hasil survei-survei yang pernah dilakukan. Saat ini tingkat kepercayaan terhadap Kejagung di bawah kepemimpinan Jaksa Agung ST Burhanuddin, mencapai 81,2 persen.

Hasil ini diketahui dari survei Indikator Politik, dalam rentang 20-24 Juni 2023. Survei ini melibatkan 1.220 responden, dengan tingkat kepercayaan mencapai 95 persen.

“Ini (kepercayaan publik mencapai 81,2 persen) angka tertinggi yang pernah diperoleh Kejaksaan. Ini layak diapresiasi,” kata Direktur Indokator Politik, Burhanuddin Muhtadi, saat memaparkan hasil survei bertajuk ‘Evaluasi Publik Atas Kinerja Lembaga Penegak Hukum dan Perpajakan’ secara virtual, Ahad (2/7).

Dijelaskan Burhanuddin, dalam setahun ini, tingkat kepercayaan terhadap Kejagung sangat konsisten dan terus meningkat. Tingkat kepercayaan publik terhadap Kejaksaan berkutat di angka 70 persen. Pada November tahun lalu, misalnya angkanya mencapai 77,4 persen. 

 

“Memasuki tahun 2023, ada peningkatan yang cukup signifikan. Dimulai dari 77,8 persen pada Februari, lalu menjadi 81,2 persen pada Juni ini,” kata Burhanuddin dalam siaran pers. 

Adapun alasan yang membuat tingginya, kepercayaan publik terhadap Kejaksaan meroket adalah keberhasilan Korps Adhyaksa dalam upaya penegakan hukum dan pemberantasan korupsi. Jika dibandingkan dengan lembaga penegak hukum lain, Kejagung mencatatkan pencapaian tertinggi dalam hal tingkat kepercayaan publik.

“Dibanding lembaga penegak hukum lain, Kejaksaan Agung paling tinggi tingkat kepercayaannya dalam penegakan hukum dan pemberantasan korupsi,” kata Burhanuddin. 

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement