Rabu 28 Jun 2023 16:17 WIB

Tarif Gratis Selama Uji Coba Bus Transjakarta ke Bandara Soekarno-Hatta

Bus hanya akan beroperasi pada pukul 06.00-09.00 WIB dan 18.00-21.00 WIB.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Calon penumpang menunggu kedatangan bus Transjakarta di Halte Dukuh Atas 2, Jakarta Pusat, Kamis (25/5/2023). PT Transjakarta akan membuka rute menuju Bandara Soekarno-Hatta.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Calon penumpang menunggu kedatangan bus Transjakarta di Halte Dukuh Atas 2, Jakarta Pusat, Kamis (25/5/2023). PT Transjakarta akan membuka rute menuju Bandara Soekarno-Hatta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menggratiskan bus rute Terminal Kalideres-Bandara Soekarno Hatta selama uji coba sebulan mulai 4 Juli 2023. Hanya saja, bus tersebut hanya beroperasi pada waktu tertentu.

"Lima bus Transjakarta (TJ) baru yang disiapkan itu jenis lower deck (dek rendah) dan akan gratis selama sebulan. Kemudian itu ada juga jam-jam operasi nantinya," kata Kepala Terminal Kalideres, Revi Zulkarnaen saat dihubungi wartawan di Jakarta pada Rabu (28/6/2023).

Ia melanjutkan untuk pagi tersedia lima unit bus beroperasi dari jam 06.00 WIB-09.00 WIB. Sementara untuk sore beroperasi dari jam 18.00 WIB sampai jam 21.00 WIB. "Saat rapat, disepakati untuk menggratiskan  selama satu bulan," ucap Revi.

Adapun rentang waktu kedatangan antara bus yang satu dengan bus yang lain (headway) ditentukan per 20 menit. "Jadi nanti (bus) tidak datang bersamaan. Supaya tidak ada kekosongan di armada, di terminal, perlu dibuat jadwal antara yang pertama, yang kedua dan ketiga. Jadi headway antara armada pertama, kedua, dan ketiga itu diatur selama 20 menit," ungkap Revi.

Dengan demikian, lanjut dia, tidak terjadi penumpukan keberangkatan maupun kedatangan di Bandara Soekarno-Hatta. Sehingga masyarakat nanti yang terlambat tetap mendapatkan pelayanan dari bus Transjakarta.

Sementara itu, kapasitas satu bus menurut Revi bisa menampung sebanyak 60-80 orang. Terkait jalur yang dilalui dan besaran tarif bus setelah periode gratis, Revi belum bisa menjelaskannya ke publik.

"Kalau untuk jalur saya belum bisa merinci. Namun yang pasti jalur yang biasa dilalui TJ. Nanti lintasannya saya akan pelajari lagi. Namun intinya melewati jalur yang banyak penumpang dan bisa dilewati TJ. Demikian juga dengan tarif setelah gratis nanti. Akan kami ikuti terus perkembangannya," ungkap Revi.

Sebelumnya, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan bus Transjakarta rute Terminal Kalideres ke Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) tidak hanya melayani karyawan saja, tetapi juga masyarakat umum. Heru menyebutkan, tarif TransJakarta menuju Bandara Soetta masih sama seperti tarif subsidi, yakni Rp 3.500 per penumpang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement