Sabtu 24 Jun 2023 17:53 WIB

Megawati Sindir Partai yang Masih Pikir-Pikir Gabung Koalisi

Puncak peringatan Bulan Bung Karno dihadiri Partai Golkar, PAN, dan PKB.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Ani Nursalikah
Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri dalam pidatonya di puncak peringatan Bulan Bung Karno di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Sabtu (24/6/2023).
Foto: Dok. PDIP
Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri dalam pidatonya di puncak peringatan Bulan Bung Karno di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Sabtu (24/6/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri mengatakan partainya selalu mengutamakan prinsip gotong royong. Termasuk dalam pemilihan presiden (Pilpres) 2024 di mana PDIP sudah meneken kerja sama dengan Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Hanura, dan Partai Perindo.

Dalam puncak peringatan Bulan Bung Karno, turut hadir pimpinan Partai Golkar, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dan Partai Amanat Nasional (PAN). Megawati pun menggoda dengan bercanda kepada ketiga partai itu untuk bergabung dengan koalisinya.

Baca Juga

"Kalau di sini ada tiga itu yang saya bilang ya katakan lagi 'mikir-mikir dulu dah', tuh bapak-bapak kan diketawain," ujar Megawati dalam pidatonya di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Sabtu (24/6/2023).

"Loh bener, tapi ya saya bilang gapapa, mau ikut boleh, ga ikut ya gapapa. Betul enggak?" ujarnya.

Dalam puncak peringatan Bulan Bung Karno hadir Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan. Adapun PKB diwakili oleh Jazilul Fawaid.

Adapun sebelumnya, Ketua Tim Pemenangan Pemilu PDIP Puan Maharani mengatakan komunikasi dengan partai politik lain untuk memperbesar dukungan kepada Ganjar Pranowo akan terus dilakukan. Termasuk dengan Partai Golkar dan PKB.

Ia mengungkapkan, PDIP kerap berkomunikasi dengan Partai Golkar. Adapun dengan PKB, mereka rupanya telah menemui Abdul Muhaimin Iskandar sebelum menerima silaturahim PAN pada Jumat (2/6/2023).

"Jadi kita lihat, kita jajaki (dengan Partai Golkar dan PKB). Insya Allah memang akan bisa ada kesepahaman, kesepakatan bersama, untuk bisa bersama-sama menuju Pileg dan Pilpres 2024," ujar Puan di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Jumat (9/6/2023).

Menurutnya, tak ada peluang yang tertutup dalam pembahasan kerja sama politik. Meskipun Partai Golkar masih berada dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Sedangkan PKB bersama Partai Gerindra dalam Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR).

"Karena memang itu yang kemudian dinamika di dalam partai politik harus kita selalu jajaki. Jadi saya tetap melakukan komunikasi secara baik," ujar Puan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement