Jumat 23 Jun 2023 13:53 WIB

Sudinsos Jaksel Cari ODGJ BAB di JPO Semanggi

Sudinsos Jaksel mencari ODGJ yang buang air besar di JPO Semanggi.

Rep: Ali Mansur/ Red: Bilal Ramadhan
Warga berjalan di Jembatan Penyeberangan Orang (JPO)di kawasan Semanggi, Jakarta. Sudinsos Jaksel mencari ODGJ yang buang air besar di JPO Semanggi.
Foto: ANTARA/Dhemas Reviyanto
Warga berjalan di Jembatan Penyeberangan Orang (JPO)di kawasan Semanggi, Jakarta. Sudinsos Jaksel mencari ODGJ yang buang air besar di JPO Semanggi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Suku Dinas Sosial Jakarta Selatan mencari pria yang nekat buang air besar di jembatan penyeberangan orang (JPO) Transjakarta Semanggi, Jakarta Selatan, Kamis (22/6/2023). Diduga pelaku yang buang air besar di jembatan penyeberangan itu adalah orang dengan gangguan jiwa (ODGJ). 

"Dari (Dinas) sosial juga lagi menyelidiki dan mencari," ujar Kepala Sudinsos Jakarta Selatan Bernard Tambunan kepada awak media, Jumat (23/6/2023).

Baca Juga

Menurut Bernard Tambunan, pihaknya juga bekerja sama dengan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) hingga pihak kelurahan setempat. Kemudian jika ditemukan, pihaknya akan membawa pelaku ke Rumah Sakit Duren Sawit lalu dicari keluarganya. Tetapi, jika yang bersangkutan tidak punya keluarga, akan dibawa ke panti.

"Kalau ODJ tentu kita bawa dulu ke RS Duren Sawit dan cari keluarga. Tapi, kalau tidak ada keluarga ya kita bawa ke panti," ujar Bernard Tambunan.

Sebelumnya, viral di media sosial seorang pria nekad melakukan buang air besar di JPO Transjakarta Semanggi, Jakarta Selatan. Dalam foto-foto beredar di media sosial seorang pria dewasa tampak menurunkan celananya dan berjongkok di dekat pagar JPO. Diduga pria tersebut merupakan orang dengan gangguan jiwa atau ODGJ. 

"Diduga (pelaku) orang dengan gangguan jiwa atau ODGJ pelakunya," kata Camat Setiabudi Iswahyudi kepada awak media, Kamis (22/6).kemarin.

Menurut Iswahyudi, dugaan tersebut berdasarkan dari pengakuan beberapa orang saksi yang ada di lokasi kejadian. Di antaranya keterangan dari para pedagang yang kerap berjualan di sekitar lokasi jembatan penyeberangan tersebut. Dari keterangan mereka, pria yang viral itu diindikasi sebagai ODGJ. 

"Informasi tukang kopi keliling dan tukang siomay yang ada dekat lokasi tersebut," ujar Iswahyudi.

Dalam keterangan foto yang beredar di media sosial, peristiwa itu terjadi di JPO yang menghubungkan Halte Transjakarta Semanggi menuju Plaza Semanggi. Dia menyebut, seorang pria tak dikenal itu tampak mondar-mandir lalu berhenti di pertengahan JPO. Kemudian pria tersebut membuka celananya, lalu jongkok dan buang air besar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement