Kamis 22 Jun 2023 14:46 WIB

HUT Ke-496 Jakarta, Pj Heru: Transformasi Menjadi Kota Global

Pj Heru Budi Hartono menegaskan, Sukses Jakarta untuk Indonesia.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Erik Purnama Putra
Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Heru Budi Hartono.
Foto: Republika/Haura Hafizhah
Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Heru Budi Hartono.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono menjadi inspektur Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-496 Kota Jakarta di Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat pada Kamis (22/6/2023). Dalam kesempatan tersebut, Heru menyatakan, kesiapan transformasi Jakarta dari ibu kota negara menjadi kota global.

"Setelah menyandang status sebagai ibu kota negara, Jakarta akan bertransformasi menjadi kota global yang berperan sebagai simpul utama dalam jaringan ekonomi dunia," kata Heru pada Kamis.

Kepala sekretariat presiden (kasetpres) tersebut menjelaskan, Jakarta memiliki dampak langsung dan nyata terhadap keadaan sosial dan ekonomi dunia global. Prioritas pembangunan Jakarta dalam periode 2023-2026 adalah memperkuat perannya ke depan, sebagai pusat pertumbuhan Indonesia.

"Komitmen ini tercermin dalam cita Provinsi Jakarta, yaitu Sukses Jakarta untuk Indonesia. Dengan pengalaman sebagai ibu kota negara, Jakarta diharapkan dapat terus memberikan kontribusi positif dan berdampak bagi pembangunan daerah-daerah lain di Indonesia," kata Heru.

Karena itu, tema HUT DKI Jakarta ke-496, yaitu Jakarta Jadi Karya untuk Nusantara, dipilih untuk menggambarkan kesiapan Jakarta dalam mengoptimalkan semua sumber daya yang dimiliki. Langkah itu untuk mewujudkan pembangunan kota dan kesejahteraan masyarakat serta menjadi pemacu kemajuan bagi daerah lain di Indonesia.

Heru menjelaskan, Jakarta akan terus berupaya menjadi kota yang tangguh dan sejajar dengan kota maju di dunia. Jakarta juga siap menjadi tuan rumah berbagai perhelatan acara penting berskala internasional.

"Jakarta saat ini tengah bersiap menjadi tuan rumah KTT ASEAN ke-43, baik di tingkat kepala negara maupun kepala daerah, yang akan berlangsung pada Agustus dan September 2023 sebagai bagian dari rangkaian Keketuaan ASEAN Indonesia 2023," ujar Heru.

Dalam setiap proses pembangunan, tata kelola pemerintahan yang baik harus menjadi bagian tidak terpisahkan. Terbukti Pemprov DKI berhasil meraih predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk keenam kalinya secara berturut-turut atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2022.

"Predikat WTP ini merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan sebagai bentuk pengakuan terhadap tanggung jawab Pemprov DKl Jakarta dalam mengelola keuangan daerah dengan transparan dan akuntabel. Predikat ini kami persembahkan kepada seluruh masyarakat dan pemangku kepentingan kota," kata Heru.

Jakarta juga menerima penghargaan sebagai provinsi terbaik dalam Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri 2023 serta penghargaan Adipura 2022 untuk lima kota dan Kabupaten Kepulauan Seribu. "Selamat ulang tahun Jakarta. Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan seluruh lapisan masyarakat. Marilah kita bangun Jakarta ke depan," kata Heru.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement