Rabu 21 Jun 2023 14:47 WIB

105 Siswa SMA Pradita Lolos UTBK SNBT 2023, Masuk Kampus Bergengsi Luar dan Dalam Negeri

UGM menjadi kampus favorit tujuan siswa SMA Pradita Dirgantara

Rep: CO2/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Senyum sumringah siswa SMA Pradita Dirgantara usai banyak yang lolos di SNBT, Rabu (21/6/2023).
Foto: Dokumen
Senyum sumringah siswa SMA Pradita Dirgantara usai banyak yang lolos di SNBT, Rabu (21/6/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- SMA Pradita Dirgantara berhasil membuat capaian luar biasa karena berhasil mengantarkan 105 siswanya lulus di Pengumuman Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) serta Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2023. 

Pengumuman tersebut berlangsung pada Selasa (20/6/2023) pukul 15.00 WIB. Humas Pradita Dirgantara, Nanang Sari Atmanto mengatakan bahwa para siswa sempat deg-degan ketika menunggu pengumuman tersebut. 

"Pengumuman yang ditunggu-tunggu Triastara (Angkata kelas III SMA Pradita) dan seluruh civitas ini lumayan membuat deg-degan. Selepas ibadah sholat Ashar, siswa langsung mengecek di laman resmi pengumuman SNBT," kata Nanang.

Nanang menjelaskan bahwa dari 120 siswa yang mendaftar, 105 diantaranya dinyatakan lolos UTBK SNBT. Mereka diterima di 14 perguruan tinggi negeri yang ada di Indonesia. 

"Dari 15 siswa yang belum lolos SNBT, sebenarnya ada 6 yang sudah memastikan diri diterima di perguruan tinggi luar negeri, International Undergradute Program (IUP), dan Seleksi Bibit Unggul Berprestasi (SBUB). Lalu, 9 siswa lainnya masih akan berjuang melanjutkan peminatan ke jenjang berikutnya," katanya. 

Berikut daftar universitas dan siswa yang diterima pada seleksi tersebut. Universitas Gadjah Mada (UGM) menjadi kampus favorit tujuan siswa SMA PD dengan total 36 diterima. Selanjutnya Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan 19 siswa. 

Selanjutnya ada Universitas Indonesia (UI) 13 siswa dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember 11 siswa, Universitas Brawijaya 7 siswa Universitas Diponegoro (Undip) 6 siswa , Institut Pertanian Bogor (IPB) 5 siswa dan Universitas Sebelas Maret (UNS) 2 siswa.

Nanang menjelaskan bahwa satu angkatan di kelas III SMA Pradita berjumlah 140 orang. Namun 25 siswa diantaranya telah diterima di universitas luar negeri. "Jadi meski sudah diterima di SNBT kemarin, ada juga yang diterima di perguruan tinggi luar negeri sejumlah 25 orang, jadi double-double. Ada juga yang peminatan TNI Polri juga mereka diterima di SNBT kemarin," katanya mengakhiri. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement