Rabu 21 Jun 2023 10:25 WIB

Ini 8 Inti dari Pemrograman Menurut Dosen Universitas BSI

Dosen Universitas BSI sebut kemampuan dasar pemrograman harus dikembangkan.

Galih Setiawan Nurohim selaku staf marketing komunikasi (markom) dan juga dosen Kampus Digital Kreatif Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Solo.
Foto: Dok. Universitas BSI
Galih Setiawan Nurohim selaku staf marketing komunikasi (markom) dan juga dosen Kampus Digital Kreatif Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Solo.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Dalam dunia teknologi saat ini, kita sebagai mahasiswa kampus IT harus mampu mengikuti perkembangan bahasa pemrograman yang semakin pesat. Hal ini diperlukan untuk bisa menguasai bahasa pemrograman baru yang muncul setiap tahunnya. 

Mahasiswa kampus IT harus mampu mengembangkan kemampuan pemrograman dengan memahami dasar-dasar bahasa pemrograman dan terus mengikuti perkembangan teknologi yang terjadi di industri. Dengan begitu, maka dapat mempersiapkan diri untuk menghadapi tantangan di masa depan dan berhasil meraih kesuksesan dalam karir di bidang IT.

Baca Juga

Galih Setiawan Nurohim selaku staf marketing komunikasi (markom) dan juga dosen Kampus Digital Kreatif Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Solo mengatakan, dengan memahami inti dari bahasa pemrograman, kita dapat memiliki dasar yang kuat untuk mempelajari bahasa pemrograman baru. Selain itu, penting juga bagi mahasiswa kampus IT untuk terus mengembangkan kemampuan pemrograman dengan belajar dan mencoba hal-hal baru.

“Untuk dapat mengikuti perkembangan teknologi dengan baik, kita juga perlu memperhatikan tren dan kebutuhan pasar. Sebagai mahasiswa kampus IT, kita harus mampu mengikuti perkembangan teknologi yang terjadi di industri dan mempersiapkan diri untuk menjadi tenaga kerja yang berkualitas di masa depan,” katanya, dalam keterangan tertulis, Rabu (21/6/2023). 

Galih juga memiliki perpektif bahwa  ada delapan inti dari pemrograman yang perlu dikuasai dengan baik, berikut penjelasannya: 

1. Variabel 

Cara membuat variabel dan pengaturan scope variabel untuk keamanan aplikasi.

 

2. Object dan class 

Cara membuat class yang berisi function dan bagaimana memanggilnya dalam bentuk object.

 

3. If else Condition 

Digunakan untuk menentukan kondisi benar atau salah pada program.

 

4. Perulangan 

Bagaimana menampilkan variabel secara berulang-ulang dengan menentukan kondisi tertentu.

 

5. Operator 

Operator logika, operator penugasan, operator aritmatika, operator perbandingan.

 

6. Tipe data 

String, integer, array, map, dan array di dalam array.

 

7. Function 

Cara membuat function di dalam kelas.

 

8. Increment dan decrement 

Penambahan otomatis yang sering digunakan dalam perulangan.

 

"Semoga 8 inti pemrograman ini dapat dipahami mahasiswa dan dapat dikuasai mahasiswa serta menjadikan bekal mereka untuk siap menjawab tantangan dunia IT," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement