Senin 19 Jun 2023 10:53 WIB

Prodi Teknik Informatika Universitas BSI Pontianak Luncurkan Inovasi Pembelajaran

Universitas BSI Pontianak luncurkan sejumlah inovasi pembelajaran.

Program Studi (prodi) Teknik Informatika Kampus Digital Kreatif Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) Kampus Pontianak akan meluncurkan sejumlah inovasi baru untuk meningkatkan pengalaman belajar.
Foto: Dok. Universitas BSI
Program Studi (prodi) Teknik Informatika Kampus Digital Kreatif Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) Kampus Pontianak akan meluncurkan sejumlah inovasi baru untuk meningkatkan pengalaman belajar.

REPUBLIKA.CO.ID, PONTIANAK -- Program Studi (prodi) Teknik Informatika Kampus Digital Kreatif Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) Kampus Pontianak akan meluncurkan sejumlah inovasi baru untuk meningkatkan pengalaman belajar dan mempersiapkan mahasiswa menghadapi perkembangan industri teknologi informasi. Langkah-langkah inovatif ini bertujuan untuk memastikan lulusan prodi ini siap menghadapi tantangan masa depan dan berperan penting di industri digital.

Salah satu keunggulan utama yang diperkenalkan oleh Prodi Teknik Informatika yakni kolaborasi yang lebih erat antara mahasiswa dan dunia industri. Prodi ini akan menjalin kemitraan strategis dengan perusahaan teknologi terkemuka, memberikan kesempatan magang, proyek kolaboratif dan mentoring langsung bagi mahasiswa. Dengan terlibat langsung dalam proyek industri, mahasiswa dapat mengasah keterampilan teknis dan memperluas jaringan profesional mereka sejak awal studi.

Baca Juga

Selain itu, prodi ini juga menerapkan pendekatan pembelajaran berbasis proyek yang menekankan penerapan praktis konsep teoritis. Kurikulum baru ini memungkinkan mahasiswa terlibat dalam proyek nyata yang mencerminkan tantangan dunia nyata di industri IT. Dengan demikian, lulusan prodi ini akan memiliki pemahaman yang kuat tentang penerapan solusi teknologi dalam konteks bisnis dan industri yang berbeda.

Selain penekanan pada keterampilan teknis, Program Studi Teknik Informatika juga fokus pada pengembangan keterampilan 'soft skills' yang dibutuhkan dalam dunia profesional IT modern. Mahasiswa akan mendapatkan pelatihan dalam komunikasi efektif, kepemimpinan, kolaborasi tim, dan pemecahan masalah. Dengan demikian, lulusan prodi ini tidak hanya memiliki keahlian teknis yang solid, tetapi juga dapat beradaptasi dengan baik dalam lingkungan kerja yang dinamis dan multidisiplin.

Lisnawanty selaku Ketua Prodi (Kaprodi) Teknik Informatika Kampus Pontianak di Universitas BSI Pontianak, menyambut baik langkah-langkah baru ini, salah satunya dapat meningkatkan kualitas pendidikan. 

"Kami sangat bangga dengan upaya kami untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Program Studi Teknik Informatika. Dengan inovasi baru ini, kami ingin memastikan lulusan kami siap menghadapi tantangan dunia nyata di industri teknologi informasi yang terus berkembang dan berperan dalam mendorong inovasi dan kemajuan,” jelas Lisnawanty, dalam keterangan dalam rilis, Senin (19/6/2023). 

Ia juga berharap dengan menggabungkan kemitraan industri, pendekatan pembelajaran berbasis proyek, dan penekanan pada keterampilan 'soft skills', Program Studi Teknik Informatika di Universitas BSI Kampus Kota Pontianak terus menjadi destinasi terbaik bagi mahasiswa yang ingin sukses di industri teknologi informasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement