Selasa 20 Jun 2023 14:59 WIB

Polda Metro Jaya Naikkan Status Kasus Kebocoran Dokumen KPK ke Tahap Penyidikan

Kapolda Metro Jaya akui ada tindakan pidana dalam kasus dugaan kebocoran dokumen KPK.

Rep: Ali Mansur/ Red: Agus raharjo
Kepala Polda Kapolda) Metro Jaya, Irjen Karyoto.
Foto: Republika.co.id/Alkhaledi Kurnialam
Kepala Polda Kapolda) Metro Jaya, Irjen Karyoto.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto mengakui pihaknya telah menaikan status penyelidikan ke tahap penyidikan kasus kebocoran dokumen hasil penyelidikan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Kementerian ESDM. Hal itu dilakukan setelah penyidik menemukan adanya unsur tindak pidana dalam kasus tersebut.

"Sudah ada peristiwa pidana berarti kami menemukan ada peristiwa pidana sehingga kami melakukan dengan surat perintah penyidikan," tutur Karyoto kepada awak media di Polda Metro Jaya, Selasa (20/6/2023).

Baca Juga

Penemuan adanya unsur pidana dalam kasus tersebut, kata Karyoto, usai penyidik melakukan pemeriksaan atas laporan yang diperkirakan lebih dari 10 laporan tersebut. Adapun bukti adanya tindak pidana dalam kasus tersebut adalah informasi yang dirahasiakan penyidik KPK telah sampai ke orang yang telah menjadi sasaran. Sehingga sesuatu yang sebelumnya rahasia menjadi bukan rahasia dan diketahui oleh pihak yang menjadi target operasi.

"Buktinya apa, adanya informasi yang kita dapatkan yang masih dalam proses penyelidikan di KPK ada di pihak-pihak yang sedang menjadi target penyelidikan itu. Artinya yang sebelumnya rahasia menjadi tidak rahasia oleh pihak pihak yang menjadi objek penyelidikan," ujar Karyoto.

Lebih lanjut, menurut Karyoto saat ini penyidik tengah melakukan pemeriksaan terhadap saksi-saksi dan mengumpulkan sejumlah dokumen. Jadi saat ini Karyoto belum dapat membeberkan secara terperinci perihal kasus kebocoran dokumen hasil penyelidikan KPK di Kementerian ESDM.

"Nanti mungkin dalam waktu ke depan kalau kami sudah mendapatkan saksi saksi lengkap, kami juga akan menginjak kepada fase berikutnya," ucap Karyoto

Kasus dugaan kebocoran dokumen penyelidikan perkara korupsi di Kementerian ESDM berlanjut dilaporkan ke Polda Metro Jaya dengan nomor laporan LP/1951/IV/2023/SPKT/Polda Metro Jaya tertanggal 11 April 2023 oleh Lembaga Pengawasan dan Pengawalan Penegakan Hukum Indonesia (LP3HI). Lalu laporan kebocoran dokumen ini naik ke tahap penyidikan diungkapkan oleh Wakil Ketua LP3HI Kurniawan Adi Nugroho selaku pelapor.

“Iya (sudah naik penyidikan), saya dapat informasi itu saat memenuhi panggilan penyidik Polda hari Selasa (13/6) yang lalu," tutur Kurniawan saat dihubungi, Senin (19/6/2023) kemarin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement