Senin 19 Jun 2023 21:13 WIB

Media Asing Soroti Langkah Kaesang Ingin Jadi Wali Kota Depok

Kaesang siap bersaing di kota yang selama ini menjadi basis partai oposisi, PKS.

Rep: Teguh/Fauziah Mursid/ Red: Teguh Firmansyah
Baliho bergambar putra Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep di Jalan Margonda Raya, Kota Depok, Jawa Barat, Selasa (23/5/2023).
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Baliho bergambar putra Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep di Jalan Margonda Raya, Kota Depok, Jawa Barat, Selasa (23/5/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nama Kaesang Pangarep masuk dalam radar calon wakil wali kota Depok ke depan. Meski belum mendapatkan dukungan resmi dari parpol selain dari PSI, Kaesang dinilai memiliki modal cukup kuat sebagai pemimpin kepala daerah. Salah satu modal itu yakni posisinya sebagai putra dari Presiden Joko Widodo. 

Media internasional, seperti media Malaysia the Star dan Singapura Straits Times. ikut memberitakan seputar pencalonan Kaesang. 

Baca Juga

"Indonesian President’s younger son gears up for mayoral race in opposition stronghold," tulis Straittimes dalam laporannya 15 Juni 2023 lalu.

Dalam laporannya Times melaporkan bagaimana gambar atau reklame Kaesang yang didukung PSI tersebar di Kota Depok. Selama empat periode, tulis Times, pemerintahan kota Depok selalu berada di tangan partai oposisi, PKS.

Times juga mengutip pendapat analis politik Effendi Ghazali yang menyebut sudah terlibat banyak sinyal bahwa Kaesang akan maju sebagai wali kota Depok. 

Sementara itu pengamat politik sekaligus Direktur Eksekutif PARA Syndicate Ari Nurcahyo mengingatkan tantangan yang harus dihadapi Kaesang Pangarep untuk maju di Pemilihan Wali Kota (Pilwakot) Depok. 

Kondisi Depok berbeda dengan wilayah Solo, yang basis pemilihnya mayoritas PDIP dan sebelumnya Presiden Joko Widodo juga pernah menjadi wali kota Solo.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement