Senin 19 Jun 2023 01:00 WIB

Agus Harimuti Bertemu Puan Maharani, Anies: Berbeda tak Berarti Putus Silaturahmi

Anies Baswedan menyatakan berbeda bukan meretakan hubungan silaturahmi.

Pertemuan Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Ketua DPP PDIP Puan Maharani, Ahad (18/6/2023).
Foto: Nawir Arysad Akbar/Republika
Pertemuan Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Ketua DPP PDIP Puan Maharani, Ahad (18/6/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, -- Bakal calon presiden dari koalisi perubahan dan persatuan (KPP), Anies Baswedan, mengatakan menyambut baik adanya pertemuan antara Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Puan Maharani. Bahkan, dia memuji adanya silaturahmi karena dilakukan pada forum pertemuan yang terbuka.

"Bagus, bagus, sekali. Jadi Mas AHY dan Mbak Puan bersilaturahmi, ada kegiatan bersama. Ini melengkapan pertemuan-pertemuan yang biasanya dalam ruang yang hanya diketahui oleh fungsionaris partai, tapi kalau sekarang pertemuan dilakukan secara terbuka. Ini bagus sekali,'' kata Anies Baswedan ketika menghadiri Dialog Publik yang diselenggarakan oleh Serikat Pekerja Nasional (SPN) di Hotel Bidakara, Jakarta, Ahad petang (18/6/2023). Anies kala itu diminta komentarnya mengenai pertemtuan antara putra Presiden Susilo Bambang Yuhdoyono dan putri Presiden Megawati Soekarnoputri.

Anies kemudian menyatakan adanya pertemuan ini maka sekaligus menunjukkan kepada seluruh masyarakat bahwa pilihan boleh berbeda kemudian kebijakan punya dasar yang berbeda, tetapi pertemanan, persaudaraan tetap terjaga. Ini karena pada pada akhirnya semuanya adalah anak bangsa yang ingin membuat Indonesia lebih baik.

"Jadi pertemuan itu adalah suatu pertemuan yang amat baik dan harapannya semua unsur parpol, masyarakat terbiasa untuk menjaga silaturahmi. Maka, walaupun ada perbedaan pandangan atau perbedaan kebijakan, tetapi silaturahmi terjaga. Momentum itu  adalah kegiatan yang sangat positif,'' kata Anies menegaskan.

Tak hanya itu, Anies lebih lanjut menyatakan momentum pertemuan AHY dan Puan pada ada yang terbuka semakin hari semakin diperlukan. ''Justru itu karena kita sudah lama tidak lama menyaksikan silaturahmi itu padahal pendiri Republik ini dulu itu satu ruangan, beda-beda pikiran, tapi mereka tetap bersahabat. Nah kita harus tunjukkan itu lagi."

Menyinggung soal pertemuan itu apakah akan meretakkkan koalisinya, Anies mengatakan hal itu tak benar sama sekali. ''Jadi bila sekarang ini kalau ada silaturahmi terus pertanyaannya kemudian ada pihak yang menjadi retak atau ada yang renggang tidak? Maka jawabnya, enggak. Semua sama saja."

"Bahkan, justru menurut saya sikap yang dicontohkan Mas AHY dan Mbak Puan, mulai sekarang akan semakin terbiasa. Berbeda tidak berarti putus silaturahmi, berbeda justru membuat makin menjaga silaturahmi. Dan juga kalau ada silaturahmi bukan berarti kemudian perbedaannya hilang. Semua ini bagus-bagus saja,'' kata Anies.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement