Jumat 16 Jun 2023 16:42 WIB

Ingin Sukses Wawancara Kerja? Cobalah 5 Tips Ini

Sebelum interview kerja, yang perlu diperhatikan adalah percaya diri dan siap diri.

Wawancara kerja merupakan salah satu tahap penting yang menentukan apakah kamu akan diterima pada posisi yang kamu lamar atau tidak.
Foto: Universitas Bina Sarana Informatika
Wawancara kerja merupakan salah satu tahap penting yang menentukan apakah kamu akan diterima pada posisi yang kamu lamar atau tidak.

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG -- Wawancara kerja merupakan salah satu tahap penting yang menentukan apakah kamu akan diterima pada posisi yang kamu lamar atau tidak. Ditahap ini, kamu bisa mempromosikan keunggulan dirimu kepada perekrut bahwa kamu merupakan kandidat yang tepat untuk posisi tersebut.

Salman Alfarizi selaku Staff BSI Career Center Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Karawang mengatakan sebelum melakukan interview kerja, hal yang perlu diperhatikan adalah percaya diri dan menyiapkan diri. 

Baca Juga

“Hal yang perlu dilakukan agar lebih siap sebelum wawancara merupakan percaya diri dan menyiapkan diri. Siapkan dirimu dengan berlatih serta menyiapkan jawaban terbaik saat melakukan interview kerja,” katanya. 

Ia juga memiliki tips yang dapat membantu menghadapi wawancara dengan sukses. Berikut penjelasannya, menurut Salman Alfarizi: 

1. Persiapkan diri secara menyeluruh 

Pelajari tentang perusahaan atau organisasi yang akan mewawancarai. Ketahui misi, visi, nilai-nilai, dan proyek-proyek terbaru yang sedang mereka lakukan. Tinjau kembali kualifikasi dan pengalaman yang relevan dengan posisi yang tersedia.

2. Latihan soal dan jawaban 

Buat daftar pertanyaan umum yang mungkin muncul dalam wawancara, seperti "Ceritakan tentang diri anda" atau "Apa kelebihan dan kelemahan anda?" Latih diri untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan dengan jelas dan percaya diri.

3. Tunjukkan sikap yang positif 

Saat wawancara, tampilkan sikap yang positif dan antusias terhadap posisi yang dilamar. Tersenyumlah, berikan kontak mata dan tunjukkan minat pada topik yang dibahas.

4. Ceritakan pengalaman dan prestasi 

Gunakan contoh konkret dari pengalaman kerja atau kegiatan lainnya untuk mendemonstrasikan keterampilan dan prestasi yang dimiliki. Ceritakan dengan jelas bagaimana cara berhasil menyelesaikan tugas atau mengatasi tantangan yang dihadapi.

5. Bersiaplah untuk pertanyaan umum 

Persiapkan jawaban yang baik untuk pertanyaan seperti "Ceritakan tentang diri anda", "Mengapa anda tertarik pada posisi ini" atau "Apa yang membuat anda cocok untuk peran ini?" Buat jawaban yang jelas, ringkas, dan menonjolkan kelebihan yang dimiliki.

“Semoga tips ini membantu dalam menghadapi wawancara kerja. Tentunya tips-tips di atas tidak akan terasa kalau anda tidak mempraktikkannya. Sebaiknya ikutilah pameran-pameran lowongan kerja yang ada, terutama bagi yang fresh graduate untuk menambah pengalaman saat wawancara kerja,” ujarnya. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement