Kamis 15 Jun 2023 06:51 WIB

Langkah Nyata Tingkatkan Perekonomian, PAN Perkuat UMKM Daerah

Banyak manfaat yang didapatkan pelaku UMKM daerah ketika memanfaatkan digitalisasi.

Anggota Komisi VI DPR, Abdul Hakim Bafaqih.
Foto: Dok DPR
Anggota Komisi VI DPR, Abdul Hakim Bafaqih.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Langkah Partai Amanat Nasional (PAN) dalam meningkatkan perekonomian daerah dilakukan nyata, dengan mendorong para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). PAN menganggap UMKM daerah sangat penting dikembangkan karena bisa memberikan dampak besar bagi perekonomian masyarakat.

Anggota Komisi VI DPR, Abdul Hakim Bafaqih mengatakan, upaya pemulihan ekonomi dengan berbagai program telah banyak dilakukan di daerah Nganjuk, Jawa Timur. Oleh karena itu, perlu dilakukan percepatan pemulihan dengan mendorong UMKM daerah supaya ekonomi meningkat di daerah tersebut.

"UMKM harus menjadi prioritas dalam pembangunan ekonomi kita. Jika UMKM membaik, maka dapat dipastikan bahwa ekonomi Indonesia akan juga baik," ujar anggota Fraksi PAN DPR Dapil Jatim VIII kepada wartawan di Jakarta, Kamis (15/6/2023).

Menurut Abdul Hakim, UMKM daerah harus mulai melakukan pemasaran dengan menggunakan platform digital agar orang mudah untuk membelinya. Dalam hal ini, PAN telah menggelar workshop memberikan wawasan dan edukasi kepada pelaku UMKM daerah untuk bisa memanfaatkan digitalisasi.

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Jawa Timur, Ahmad Rizki Sidiq menambahkan, banyak manfaat yang didapatkan pelaku UMKM daerah ketika memanfaatkan digitalisasi, salah satunya proses bisnis jadi sederhana. "Perkembangan digital harus dimaksimalkan untuk mengembangkan usaha. Tidak ada kata terlambat dan tidak ada batasan usia untuk menjadi seorang pengusaha," ujar Rizki Sidiq.

Menurut dia,PAN memberitahu, ada beberapa manfaat jika UMKM daerah beralih digital, seperti proses transaksi lebih mudah, menambah pelanggan, pendapatan bisnis meningkat, dan biaya dan waktu. Oleh karena itu, kata Rizki Sidiq, PAN menyarankan pelaku usaha untuk melatih menggunakan media sosial dalam pemasaran.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement