Senin 12 Jun 2023 22:06 WIB

Tarik Minat Wisatawan, Warga Cianjur Kompak Bersih-Bersih Pantai

Aksi bersih-bersih itu bertema 'Santai Bersihkan Pantai'.

Aksi bersih-bersih Pantai Sereg, Desa Mekarlaksana, Kecamatan Sindangbarang, Kabupaten Cianjur Selatan, Jawa Barat (Jawa Barat).
Foto: Dok. Web
Aksi bersih-bersih Pantai Sereg, Desa Mekarlaksana, Kecamatan Sindangbarang, Kabupaten Cianjur Selatan, Jawa Barat (Jawa Barat).

REPUBLIKA.CO.ID, CIANJUR --  Pantai Sereg yang berlokasi di Desa Mekarlaksana, Kecamatan Sindangbarang, Kabupaten Cianjur Selatan, Jawa Barat (Jawa Barat), memiliki pemandangan yang indah. Sejumlah wisatawan kerap mendatangi pantai tersebut. Namun, isu kebersihan pantai masih jadi perhatian di sini. 

Untuk itu, warga bersama Srikandi Jabar menggelar aksi bersih-bersih bertema 'Santai Bersihkan Pantai'. Koordinator Wilayah Srikandi Jabar Eva Yuliana mengatakan, kegiatan bersih-bersih pantai itu dilakulan lantaran pihaknyta melihat pantai Sindangbarang sang kotor.

Baca Juga

Atas dasar tersebut Srikandi Ganjar Jabar tergerak untuk melakukan bersih-bersih bersama masyarakat sekitar.

"Pantai Sereg di Cianjur Selatan merupakan pantai dengan pesona alam yang cantik," ungkap Eva dia, seperti dilansir pada Senin (12/6/2023). 

Dia menambahkan, banyak wisatawan yang menikmati keindahan pantai ini, terlebih saat liburan masa sekaloh tiba. Oleh karena itu, pantai perlu dijaga agar wisatawan nyaman saat hendak berkunjung.

"Kami mengedukasi kepada masyarakat sekitar untuk selalu menjaga kebersihan terutama di tempat-tempat pinggir pantai," ujarnya.

Dia berharap dengan adanya kegiatan tersebut bisa meningkatkan kepudilian masyarakat dalam menjaga lingkungan pantai Sereg agar menjadi bersih.

"Kegiatan Santai Bersihkan Pantai ini diharapkan dapat meningkatkan kepedulian masyarakat dalam menjaga lingkungan pantai sereg," ungkap dia.

Di sela kegiatan tersebut, Eva juga memperkenalkan sosok Ganjar Pranowo kepada milenial yang hadir dalam aksi terserbut. Aksi bersih-bersih pantai ini mendapat apresiasi dari masyarakat setempat. 

Kegiatan itu tidak hanya membantu menjaga kebersihan pantai, tetapi juga memberikan dampak positif bagi ekonomi lokal. 

Putri salah satu peserta yang ikut aksi bersih-bersi pantai itu mengtakan kegiatan tersebut sangat bermanfaat karena bisa menarik wisatawan berkunjung ke pantai tersebut.

"Bagus banget. Pantai biasanya kotor, dengan adanya kegiatan ini bermanfaat buat kami dalam menikmati pantai ini bagus," kata Putri.

Aksi serupa dilakukan juga pernah dilakukan di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ketika Srikandi Ganjar bersama-sama warga menanam pandan laut dan menggerakkan aksi bersih-bersih di Pantai Pelangi, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, DIY, Jumat.

"Kami dari kalangan milenial kembali menggelar kegiatan yang bermanfaat bagi lingkungan hidup. Kami dan beberapa pengunjung menanam pandan laut di pantai ini," kata Koordinator Wilayah DIY Herrawati di, demikian dilansir dari Antara. 

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement