Sabtu 10 Jun 2023 13:45 WIB

Puluhan Guru Ikuti Pelatihan Anggota Jaringan Klinik Pendidikan MIPA Pusat Bogor

Pelatihan anggota jaringan KPM diikuti sebanyak 48 guru dari 30 sekolah.

Klinik Pendidikan MIPA (KPM) Pusat Bogor menggelar Pelatihan anggota jaringan KPM, bertempat di Kantor Pusat KPM Bogor.
Foto: Dok. Klinik Pendidikan MIPA
Klinik Pendidikan MIPA (KPM) Pusat Bogor menggelar Pelatihan anggota jaringan KPM, bertempat di Kantor Pusat KPM Bogor.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Klinik Pendidikan MIPA (KPM) Pusat Bogor menggelar Pelatihan anggota jaringan KPM, bertempat di Kantor Pusat KPM Bogor. Acara yang dihadiri sebanyak 48 peserta dari 30 sekolah/lembaga digelar pada 9-11 Juni 2023. 

Wakil Kepala Divisi MTEC Ardianto mengatakan agar pelatihan ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin guna menjalankan operasional anggota jaringan KPM di wilayah masing-masing. "Kegiatan ini diadakan untuk memperkuat kembali jaringan KPM yang sempat mati suri ketika pandemi. Harapannya, setelah pelatihan ini peserta dapat memahami dan mempraktikkan aturan-aturan dan budaya dari jaringan KPM," ujar Ardi, dalam keterangan tertulis, Sabtu (10/6/2023).

Baca Juga

Ia pun menambahkan memohon doa dari para peserta pelatihan untuk tim Indonesia yang akan berkompetisi matematika dalam ajang IMWiC Malaysia pada 23-26 Juni 2023. 

Pada kesempatan terpisah, Kepala Bagian Pelatihan KPM, Muhammad Ihsan menjelaskan bahwa tujuan dari pelatihan ini untuk membekali para anggota jaringan KPM terkait berbagai hal seputar pengelolaan operasional lembaga dan menyamakan visi-misi. “Kegiatan pelatihan anggota jaringan KPM adalah kegiatan yang ditujukan untuk pengurus atau penanggung jawab jaringan KPM, Pelatihan ini bertujuan untuk mengajarkan teknis pembelajar KPM, tips mengelola kegiatan pendidikan, pelatihan, dan lomba serta menyamakan visi agar selalu mengedepankan ridho Allah dalam setiap kegiatan,” ungkap Ihsan.

Ihsan menjelaskan, yang membedakan KPM dengan lembaga pendidikan lainnya terletak pada metode dan konsep. “KPM saat ini lebih mengutamakan penyebaran cara untuk mencerdaskan otak di dada (kalbu) manusia, Sistem Metode Seikhlasnya, matematika nalaria realistik dan Sains Nalaria Realistik,” katanya.

Menurut Ihsan, Jaringan KPM dibuat agar manfaat KPM bisa lebih dirasakan oleh masyarakat di seluruh Indonesia. “Dengan pelatihan ini, anggota jaringan KPM memiliki visi yang sama dengan KPM Pusat, bisa menerapkan sistem dan teknis pembelajaran, semakin menjamurnya jaringan KPM di seluruh Indonesia, dan merasakan manfaat yang banyak setelah mengikuti pelatihan,” kata Ihsan.

Ihsan menambahkan, kegiatan pelatihan anggota jaringan KPM tidak hanya menjadi seremonial, tetapi akan terus berkelanjutan. Bagi peserta baru dapat mengikuti pelatihan anggota jaringan KPM batch ke-2 pada tanggal 21-22 Juli 2023.

Saat ini, Klinik Pendidikan MIPA membuka kesempatan, peluang, dan mendorong para insan pendidik (guru) yang belum bergabung untuk menjadi anggota jaringan KPM. 

Banyak manfaat dan keuntungan yang akan didapatkan jika sekolah atau guru menjadi anggota jaringan KPM, di antaranya berkesempatan menjadi sekolah center, mendapatkan pelatihan internal dari KPM Pusat, mendapatkan potongan harga (discount) ketika membeli produk KPM hingga menjadi prioritas dalam kegiatan-kegiatan KPM seperti, lomba dalam negeri dan di luar negeri serta benefit menarik lainnya.

Adapun persyaratan untuk bisa membuka les dengan bayaran seikhlasnya seperti KPM, pemohon harus melalui rangkaian pelatihan seperti, pelatihan jaringan KPM, pelatihan MNR dan SNR, pelatihan suprarasional sampai pada prosesnya melakukan perjanjian melalui MoU. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement