Jumat 09 Jun 2023 04:39 WIB

Negara Sering Terbebani Masalah Kesehatan Akibat Dampak Buruk Tembakau

Kota Bandung raih penghargaan kawasan tanpa rokok dari Kemenkes.

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Erdy Nasrul
Petani memanen tembakau di Desa Karangpakis, Kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Jumat (30/9/2022). Harga tembakau saat ini mencapai Rp35 ribu per kilogram naik dibandingkan tahun lalu Rp28 ribu per kilogramnya.
Foto:

Berdasarkan hal tersebut, Hari Tanpa Tembakau Sedunia (HTTS) yang diperingati setiap tahunnya pada tanggal 31 Mei mengangkat tema global “We Need Food, Not Tobacco” untuk tahun 2023. Oleh karena itu, Kementerian Kesehatan bermaksud menyelenggarakan acara puncak dalam rangka memperingati HTTS 2023 dengan tema nasional “Kita Butuh Makanan, Bukan Rokok”.  

Perlu diketahui, Kota Bandung telah memiliki Perda Nomor 4 tahun 2021 tentang Kawasan Tanpa Rokok. Dengan demikian, ada payung hukum yang mengatur konsumsi rokok, baik dari aspek perlindungan kesehatan maupun dampak sosial dan ekonomi masyarakat khususnya bagi generasi muda. Sejauh ini, Kota Bandung telah memiliki sebanyak 445 atau sekitar 85,74 persen lokasi yang telah mematuhi KTR. Sedangkan yang belum menerapkan KTR sebanyak 74 lokasi. 

Sebelumnya, Pemkot Bandung telah menginstruksikan seluruh perangkat daerah selaku tim pembina dan pengawasan KTR untuk melakukan pembinaan dan pemantauan kembali pada lokasi-lokasi yang tidak patuh KTR. Ema juga meminta seluruh aparatur Pemerintah Kota Bandung memberi contoh yang baik bagi orang-orang sekitar dengan tidak merokok di kawasan-kawasan KTR. Ema berharap, implementasi KTR di Kota Bandung dapat lebih optimal lagi.

 

Kementerian Kesehatan dan WHO juga diketahui menjadikan Kota Bandung sebagai salah satu lokus pelatihan aplikasi dan uji coba dashboard e-monev KTR. Sedangkan kota lainnya yaitu Kabupaten Klungkung, Kota Metro, Kota Depok, Kota Bogor, Kota Cimahi, dan DKI Jakarta. Platform berbasis web online dan aplikasi seluler yang dikembangkan Kementerian Kesehatan dan WHO ini telah digunakan oleh tim Satgas KTR untuk memantau pelaksanaan KTR sejak dilakukan sosialisasi dan audiensi pada Oktober 2022 lalu sampai saat ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement