Selasa 06 Jun 2023 19:38 WIB

Daftar Prestasi Meriahkan Milad Fikom Unisba Ke-40

Mahasiswa dan lulusannya disiapkan menguasai tantangan era industri 4.0

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Sandy Ferdiana
Dekan Fikom Unisba Prof Dr Atie Rachmiatie M.Si (kiri) memberikan penghargaan kepada Kaprodi Magister Ilmu Komunikasi Prof Dr Ike Junita Triwardhani M.Si dalam Milad Fikom Unisba ke-40, dan sejumlah dosen lainnya, Selasa (6/6/2023). Dalam milad tersebut, Fikom Unisba juga memberikan penghargaan kepada insan berprestasi di berbagai bidang entrepreneur dengan tajuk ‘Fikom Entrepreneurship Award’.
Foto: Sandy Ferdiana/Republika
Dekan Fikom Unisba Prof Dr Atie Rachmiatie M.Si (kiri) memberikan penghargaan kepada Kaprodi Magister Ilmu Komunikasi Prof Dr Ike Junita Triwardhani M.Si dalam Milad Fikom Unisba ke-40, dan sejumlah dosen lainnya, Selasa (6/6/2023). Dalam milad tersebut, Fikom Unisba juga memberikan penghargaan kepada insan berprestasi di berbagai bidang entrepreneur dengan tajuk ‘Fikom Entrepreneurship Award’.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung (Fikom Unisba) menggelar Sidang Terbuka Senat dalam Rangka Milad ke-40 di Aula Utama Unisba, Kota Bandung, Selasa (6/6/2023). Milad kali ini mengangkat tajuk ‘Fikom Movement in Developing IDEA’.

IDEA pada tajuk itu berasal dari sinonim Innovation, Digital, Entrepreneur, dan Action. Dalam sambutannya, Dekan Fikom Unisba Prof Dr Atie Rachmiatie mengatakan, perjalanan Fikom Unisba selama 40 tahun ini sudah melalui berbagai pencapaian.

‘’Sudah banyak raihan prestasi, sudah banyak alumni yang dilahirkan, sudah banyak gaung kebaikan yang ditebarkan oleh Fikom (Unisba) di masyarakat,’’ ungkapnya. Menurut Atie, Fikom Unisba terus  berkomitmen dan termotivasi untuk bekerja keras, bekerja cerdas dan bekerja tuntas.

Semua itu dilakukan dalam memenuhi harapan masyarakat akan eksistensi Fikom Unisba. Mengingat, saat ini masih adanya permasalahan komunikasi dan informasi yang belum tersentuh oleh kepaiawaian ilmuwan, akademisi, peneliti dan profesi komunikasi dalam konteks kesehatan, keluarga, politik, dan bisnis.

Kata kunci di Milad ke-40 ini, kata Prof  Atie, yakni rasa syukur atas perolehan berbagai peningkatan kualitas dan kuantitas kinerja Fikom Unisba. Di antaranya proses akreditasi magister komunikasi yang  diharapkan memperoleh akreditasi ‘Unggul’, dan perolehan tenaga baru yang diperkuat dengan hadirnya enam dosen baru muda dan enerjik.

Menurut Prof Atie, Fikom Unisba terus berupaya menyisir permasalahan, kendala dan hambatan dari aspek penyelenggaraan pembelajaran, SDM, infirastruktur dan aspek lain untuk dieliminasi.

‘’Khususnya amanah sebagai Dekan dalam 15 bulan ini, berusaha membuat perencanaan program berdasarkan analisis situasi dan berbasis output dan outcome dari berbagai aktivitas Tridharma Perguruan tinggi,’’ ujar Prof Atie, Selasa (6/6/2023).  

Pihaknya sengaja meneruskan berbagai program dan kegiatan yang sudah tepat dan sudah dicanangkan oleh Dekanat dan pimpinan Fikom sebelumnya. Di antaranya percepatan jabatan fungsional bagi dosen, implementasi MBKM dan lainnya.

Di era media digital dan industri 4.0, papar Atie, Fikom Unisba terus berupaya melakukan langkah-langkah konkret untuk perbaikan kualitas pembelajaran, mengembangkan secara kuantitas maupun kualitas penelitian, serta pengabdian kepada masyarakat.

Pihaknya juga tengah mengakselerasikan capaian prestasi mahasiswa di bidang akademik maupun non akademik, serta memperluas mitra kerja dalam konteks ‘pentahelix’ agar dapat membangun kerja sama atau kolaborasi yang harmoni dan bermanfaat.

Menurut Atie, dalam kurun setahun Fikom Unisba telah memantapkan konsolidasi dalam tatakelola UPPS, yang memerlukan energi dan sumber daya melebihi standar yang tidak sedikit.

Wakil Rektor I Unisba Prof Ir A Harits Nu’man MT Ph.D IPM berharap, Fikom Unisba di usianya ke-40 bisa menjalankan amanah untuk menjadikan para lulusannya seorang sarjana yang siap untuk menghadapi tantangan masa depan. Tantangan yang harus siap dihadapi yakni era revolusi industri 4.0 yang sudah berbasis teknologi big data dan literasi manusia.

‘’Mahasiswa harus mampu mengimplementasikan keilmuan di bidang ilmu komunikasi dalam menganalisa yang terjadi atau fenomena,’’ tuturnya. Fikom Unisba juga, tegas dia, tidak hanya menghasilkan insan akademis yang bergelar doktor, namun juga menambah dosen yang memiliki jenjang karir yang lebih tinggi, yakni guru besar.

Orasi Ilmiah dan Penghargaan

Acara Milad Fikom Unisba diperkaya dengan sesi orasi ilmiah dari dosen Fikom Unisba Dr Ferry Darmawan M.Ds. Ferry membawakan materi ‘Artificial Intelligence. Budaya baru Pendidikan Tinggi, Peluang dan Tantangan’. Selain itu Wakil Atase Pers Kedutaan Besar Amerika Serikat Nick Gaisinger, didaulat menjadi keynote speaker dengan materinya  ‘Increasing The Competitiveness of The Croative Communication Industry in Digital Era’.

Tidak lupa, di ajang itu Fikom Unisba juga memberikan penghargaan kepada insan berprestasi di berbagai bidang entrepreneur dari kalangan stakeholders yang bertajuk ‘Fikom Entrepreneurship Award’. Dengan kategori utama pemberian penghargaan kepada Student Entrepreneurship Award, Alumni Entrepreneurship Award, dan Retired Entrepreneurship Award. Selain itu, penghargaan juga diberikan kepada insan akademisi yang telah berperan untuk kemajuan Fikom Unisba dalam Annual Fikom Award

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement