Selasa 06 Jun 2023 12:51 WIB

BPBD Kalsel Hadirkan Pakar Kajian Manajemen Risiko Bencana 

Keberadaan SDM profesional dalam manajemen risiko bencana di daerah sangat diperlukan

BPBD Kalsel membekali para kepala pelaksana BPBD Kabupaten/Kota dan stakeholder serta SDM internal melalui kegiatan Bimbingan Teknis Kajian Manajemen Risiko Bencana, Senin (5/5/2023).
Foto: Pemprov Kalsel
BPBD Kalsel membekali para kepala pelaksana BPBD Kabupaten/Kota dan stakeholder serta SDM internal melalui kegiatan Bimbingan Teknis Kajian Manajemen Risiko Bencana, Senin (5/5/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARMASIN -- Bergerak lebih cepat dalam upaya pencegahan dan penanggulangan bencana terus dioptimalkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Dalam rangka meningkatkan pelayanan pencegahan dan penanggulangan bencana di daerah, BPBD Kalsel membekali para kepala pelaksana BPBD Kabupaten/Kota dan stakeholder serta SDM internal melalui kegiatan Bimbingan Teknis Kajian Manajemen Risiko Bencana, Senin (5/5/2023) lalu.

Baca Juga

Dalam kegiatan bimtek menghadirkan narasumber pakar di bidang manajemen risiko bencana, bidang perencanaan pembangunan daerah, pakar geofasial kebakaran hutan lahan, ahli geofasial penanganan banjir dan narasumber ahli lainnya. BPBD Kalsel menilai upaya kajian terkait manajemen risiko bencana adalah sesuatu prioritas.

photo
BPBD Kalsel membekali para kepala pelaksana BPBD Kabupaten/Kota dan stakeholder serta SDM internal melalui kegiatan Bimbingan Teknis Kajian Manajemen Risiko Bencana, Senin (5/5/2023). - (Pemprov Kalsel)

 

Narasumber pakar tersebut berasal dari BNPB, Kementerian terkait, dan Perangkat Daerah sesuai bidang kompetensi atau keahlian. "Keberadaan SDM profesional dalam manajemen risiko bencana di daerah sangat diperlukan. Semoga bimtek ini semakin meningkatkan wawasan dan pengetahuan kita semua untuk bergerak lebih cepat dalam mencegah dan menanggulangi bencana," terang Ketua Panitia Pelaksana Bambang Dedi M dalam siaran persnya.

Bambang menuturkan kegiatan ini sejalan dengan arahan Gubernur Kalsel Sahbirin Noor atau Paman Birin agar BPBD terus meningkatkan keahlian di bidang manajemen risiko bencana.

Pasalnya, tantangan dan risiko kebencanaan semakin kompleks. Pengetahuan aparatur dan para relawan kebencanaan terkait  perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi di bidang kebencanaan perlu makin ditingkatkan.

Kepala BPBD Kalsel Raden Suria Fadliansyah mengharapkan kegiatan dimanfaatkan betul oleh para peserta berhadir. Ini mengingat dalam beberapa tahun terakhir kerawanan potensi bencana di daerah cukup besar.

Raniansyah Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Tapin mengapresiasi kegiatan bimtek Kajian Manajemen Risiko Bencana. Menurutnya, kegiatan ini sangat diperlukan insan BPBD di daerah terutama para pemangku kepentingan. 

Raniansyah menilai semua pembahasan materi yang ada pada kegiatan adalah isu-isu strategis yang saat ini mengemuka di bidang kebencanaan. "Kami dari BPBD di daerah Kabupaten/Kota sangat mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi BPBD Provinsi Kalimantan Selatan," ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement