Senin 05 Jun 2023 19:39 WIB

Gerindra: Prabowo akan Diskusikan Cawapresnya dengan Jokowi 

Gerindra mendukung keberlanjutan program dari pemerintahan Presiden Jokowi.

Rep: Nawir Arsyad Akbar, Fauziah Mursid/ Red: Andri Saubani
Prabowo Subianto. Gerindra menyatakan Prabowo akan mendiksusikan cawapresnya dengan Presiden Jokowi. (ilustrasi)
Foto:

Dalam pembicaraan yang berlangsung tertutup selama sekira dua jam dengan elite Gerindra pada hari ini, PAN mengakui bahwa mereka menyodorkan nama Erick Thohir kepada Partai Gerindra untuk menjadi cawapres dari Prabowo.

PAN dan Erick Thohir disebut memiliki kedekatan batin, mengingat Menteri BUMN dan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan berasal dari provinsi yang sama. Namun, pertemuan dengan Partai Gerindra itu belumlah menghasilkan keputusan yang final terkait Pilpres 2024.

"Kedekatan kita dengan Pak Erick Thohir sudah sangat kental. Apakah tadi disebut (dalam pertemuan dengan Partai Gerindra)? rasanya untuk urusan Pak Erick Thohir masuk dalam menu wajib pertemuan," ujar Sekretaris Jenderal PAN, Eddy Soeparno.

Berdasarkan survei terbaru Indikator Politik, elektabilitas Erick Thohir menjadi yang tertinggi di antara para nama yang digadang-gadang menjadi kandidat. Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi mengatakan, peningkatan elektabilitas Erick Thohir ini berkaitan erat dengan kepemimpinannya di PSSI meski baru menjabat empat bulan.

"Artinya, efek bola ini cukup menjelaskan mengapa elektabilitas Erick Thohir sebagai cawapres meningkat tajam. Tentu tidak semata-mata mata bola (karena) beliau kan multitasking sebagai menteri BUMN, pernah menjadi Ketua Asian Games dan lain-lain. Tetapi dari data yang tersedia sekarang, penjelasannya ya bola," kata Burhanuddin ketika merilis hasil surveinya secara daring, Ahad (4/6/2023). 

Survei nasional Indikator Politik Indonesia ini melibatkan 1.230 responden dari seluruh Indonesia. Responden dipilih dengan metode random digit dialing (RDD) atau pembangkitan nomor telepon secara acak. Wawancara dilakukan via telepon. Margin of error survei ini kurang lebih 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

 

photo
Survei Elektabilitas Cawapres Menurut Indikator Politik Indonesia - (infografis Republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement