Ahad 04 Jun 2023 16:47 WIB

Survei Indikator: Pemilih Generasi Z Lebih Banyak Pilih Prabowo daripada Ganjar

Hasil itu diketahui dari survei Indikator pada 26-30 Mei 2023.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Andri Saubani
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, berdasarkan survei terbaru Indikator Politik meraih banyak dukungan dari pemilih Gen Z. (ilustrasi)
Foto: AP Photo/Vincent Thian
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, berdasarkan survei terbaru Indikator Politik meraih banyak dukungan dari pemilih Gen Z. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Survei Indikator Politik Indonesia menemukan kelompok pemilih usia generasi Z antara 17 hingga 21 tahun lebih banyak memilih bakal calon presiden Prabowo Subianto. Hal ini berdasarkan simulasi tiga nama capres menurut demografi dan wilayahnya yang dilakukan pada rentang 26-30 Mei 2023.

"Pemilih generazi Z lebih banyak yang lari ke Pak Prabowo. silakan tafsirkan, kenapanya? Poinnya usia 17-21 tahun lebih banyak lari ke Pak Prabowo," ujar Peneliti Utama Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi dalam rilis survei bertajuk Saling Salip Elektabilitas Capres dan Cawapres Jelang 2024 secara virtual, Ahad (4/6/2023).

Baca Juga

Burhanuddin melanjutkan, untuk pemilih kelompok usia 22-25 tahun cenderung lebih banyak ke Ganjar Pranowo 41,4 persen disusul Prabowo Subianto. Sedangkan kelompok usai 26-40 tahun cenderung lebih banyak ke Prabowo Subianto sebesar 37,6 persen diikuti Ganjar 31,9 persen.

"Sama pemilih tua di atas 55 tahun itu ke Ganjar," ujarnya.

Sementara berdasarkan etnis, pemilih Jawa lebih dominan memilih Ganjar dan etnis Sunda memilih Prabowo Subianto.

"Pemilih Sunda ini sebelumnya nih dulu sempat ke Anies. Batak ke Ganjar Pranowo, Madura solid ke Prabowo, Betawi Anies, Minang masih banyak ke Anies," ujarnya.

Sedangkan dari sisi agama, pemilih Islam cenderung lebih banyak mendukung Prabowo Subianto sebanyak 38,8 persen, Ganjar 32,5 persen dan Anies 20,5 persen. Sedangkan, untuk pemilih Protestan maupun katolik dan lainnya lebih banyak mendukung Ganjar Pranowo.

Sedangkan dari sisi pekerjaan, petani, peternak, nelayan, buruh kasar, wiraswasta hingga pengusaha juga lebih banyak mendukung Prabowo. Sedangkan pegawai mulai swasta maupun negeri, guru dosen dan profesional lebih banyak mendukung Ganjar.

"Untuk ibu rumah tangga bannyak ke Prabowo lalu usia masih sekolah dan kuliah juga ke Prabowo," ujarnya.

Survei Indikator ini dilakukan pada rentang 26-30 Mei 2023 dengan metode telepon secara acak ke 1.230 responden. Margin of error survei diperkirakan 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement