Sabtu 03 Jun 2023 17:36 WIB

Diminta Tanggapan Terkait Kinerja Heru Budi, Anies Baswedan: Mau Diadu-adu?

Hingga saat ini, Heru sudah menjalani jabatannya selama delapan bulan.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Agus Yulianto
Mantan Gubernur DKI Jakarta ,Anies Baswedan datang ke acara Formula E 2023 yang diselenggarakan di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) Ancol, Jakarta Utara pada Sabtu (3/6/2023).
Foto: Republika/Haura Hafizhah
Mantan Gubernur DKI Jakarta ,Anies Baswedan datang ke acara Formula E 2023 yang diselenggarakan di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) Ancol, Jakarta Utara pada Sabtu (3/6/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta 2017-2022 Anies Baswedan tidak mau menanggapi terkait kinerja Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. Hingga saat ini, Heru sudah menjalani jabatannya selama delapan bulan.

"Mau diadu-adu? Tidak lah, tidak ada tanggapan. Gini, inilah bagian ada sebuah masa di mana kami bekerja. Sesudah kami bekerja, selesai. Kami fokus kepada yang lain," kata Anies kepada wartawan di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) Ancol, Jakarta Utara pada Sabtu (3/6/2023).

Dia menjelaskan, itulah prinsip demokrasi. Jangan takut dengan jabatan yang berakhir. Jangan pernah berfikir dengan perpanjangan masa jabatan. Dan itulah bagian dari demokrasi.

"Dan ketika ada orang lain yang bertugas hormati yang bertugas. Begitu kira-kira. Saya selesai Kemendikbud saya tidak berkomentar lagi soal pendidikan. Saya selesai dari DKI, saya tidak berkomentar lagi soal DKI. Hormati itu," kata dia.

Dia menambahkan, harus menjaga etika dan demokrasi. Sehingga, tidak ada yang berbenturan dan salah paham.

"Dan saya rasa etika ini kita jaga sama-sama dah. Dan Anda juga jangan ngadu ngadu. Kenapa? Karena kita ingin demokrasi kita itu makin menjaga etikanya," kata dia.

Sebelumnya diketahui, Heru Budi Hartono menyampaikan tugasnya sebagai Pj Gubernur DKI Jakarta merupakan amanah yang luar biasa. Dia mengatakan, tugas yang diembannya untuk terus memberikan pelayanan kepada masyarakat itupun cukup berat.

“Hari ini saya terima kasih sudah diberikan amanah yang luar biasa, amanat yang memang cukup tinggi animo masyarakat dan tentunya cukup berat bagi kami meneruskan ataupun melaksanakan pelayanan kepada masyarakat,” kata Heru di depan kantor Sekretariat Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (17/10/2022).

Dalam kesempatan ini, Heru mendapatkan, ucapan selamat dari seluruh pegawai Sekretariat Presiden. Dia mengatakan, sudah menjabat sebagai Kepala Sekretariat Presiden selama lebih dari lima tahun.

"Dan saya sudah menjalankan 5 tahun, tapi tadi Pak Bey (Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media, Sekretariat Presiden) menyatakan tidak melepas, kira-kira. Semuanya saya serahkan kepada pimpinan dan saya di sini 5 tahun lebih 3 bulan, bersama rekan-rekan sekalian,” katanya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement