Kamis 01 Jun 2023 18:29 WIB

Mahasiswa Prodi Perhotelan UNM Belajar Jadi Hotelier dalam Kegiatan Table Manner

Adanya praktik langsung di hotel tentu menambah pengetahuan dan wawasan mahasiswa.

Mahasiswa program studi (prodi) Perhotelan Kampus Digital Bisnis Universitas Nusa Mandiri (UNM) mengikuti kegiatan table manner di Hotel Maxone Glodok, Selasa (23/5/2023).
Foto: Universitas Nusa Mandiri
Mahasiswa program studi (prodi) Perhotelan Kampus Digital Bisnis Universitas Nusa Mandiri (UNM) mengikuti kegiatan table manner di Hotel Maxone Glodok, Selasa (23/5/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Table manner merupakan sebuah aturan atau etika dalam suatu jamuan makan resmi berstandar internasional. Sementara hotelier merupakan orang yang berada pada posisi eksekutif dalam sebuah hotel.  

Mahasiswa Program Studi (Prodi) Perhotelan Kampus Digital Bisnis Universitas Nusa Mandiri (UNM) mengikuti kegiatan table manner di Hotel Maxone Glodok, Selasa (23/5/2023). Nova Yudha sebagai salah satu dosen Prodi Perhotelan UNM yang turut hadir mendampingi mahasiswa menyampaikan, kunjungan studi ke hotel ini tentu akan menambah wawasan dan pengetahuan mahasiswa tentang table manner.

Baca Juga

“Dengan mengikuti kegiatan di Hotel Maxone Glodok ini akan menjadikan mahasiswa/i Prodi Perhotelan UNM sebagai seorang anak perhotelan yang benar-benar profesional,” terangnya dalam rilis yang diterima, Kamis (1/6/2023).

Ia menyampaikan, table manner terbagi dalam dua sudut pandang, mulai dari hadir sebagai tamu yang diundang dalam sebuah jamuan makan dan tentang bagaimana etika saat makan di atas meja makan.

“Tentu saja ada beberapa sikap yang perlu kita jaga agar kita tidak terlihat kikuk, bingung dengan sederetan aturan dan etika yang berlaku dalam sebuah alur jamuan makan. Mulai dari menikmati sajian makanan yang dihidangkan, mulai appetizer (hidangan pembuka), soup (sup), main course (hidangan utama), sampai kepada dessert (hidangan penutup), termasuk menggunakan peralatan makan yang disiapkan sesuai urutan makanan yang disajikan oleh para pramusaji,” paparnya.

Sementara, menurut Ida Zuniarti selaku Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis mengungkapkan kunjungan studi ini dilakukan untuk menambah kompetensi mahasiswa berdasar atas keinginan mahasiswa untuk dapat melakukan kegiatan table manner.

“Kegiatan table manner ini sebagai penunjang mata kuliah Oprasional Restoran dan Bar, mengingat nantinya ilmu ini dapat mereka terapkan saat terjun di dunia industri perhotelan,” katanya.

Pada kesempatan ini, Fernando mahasiswa yang mengikuti kegiatan table manner ini mengungkapkan kegiatan ini sangat bermanfaat dilihat dari dalam sudut pandang apabila kita bekerja sebagai seorang hotelier yang melakukan persiapan (setup) untuk sebuah acara table manner.

“Adanya praktek langsung di hotel ini tentu saja menambah pengetahuan dan wawasan kita dengan dengan standar internasional,” ujarnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement