Kamis 01 Jun 2023 11:10 WIB

Sepanjang Semester Pertama, Animo Masyarakat Berwisata Melonjak

Kami mengamati adanya lonjakan minat pariwisata domestik maupun internasional.

CEO of Transport Traveloka, Iko Putera
Foto: Istimewa
CEO of Transport Traveloka, Iko Putera

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Minat masyarakat untuk pergi berwisata di dalam negeri maupun mancanegara memperlihatkan tren peningkatan signifikan. Sepanjang bulan berjalan semester I 2023, terjadi peningkatan hingga 3 kali lipat untuk pencarian destinasi domestik dan internasional. 

Data internal Traveloka mencatat animo masyarakat dalam berwisata juga tecermin dari tingkat pemesanan akomodasi, tiket pesawat dan atraksi internasional yang meningkat hingga 2 kali lipat jika dibandingkan periode 2022. Dari jumlah perjalanan itu, tercatat 60 persen perjalanan bertujuan untuk leisure dan hiburan. 

Sebut saja liburan bersama keluarga, teman, bahkan solo travel disusul dengan perjalanan bisnis, wisata religi dan tujuan pendidikan. Selain itu, 75 persen aktivitas pada saat liburan adalah seputar kuliner dan belanja, diikuti dengan kunjungan ke tempat wisata dan museum, taman hiburan, pantai dan kebun binatang.

CEO of Transport Traveloka, Iko Putera, mengatakan bulan Juni ini merupakan momentum liburan sekolah pertama setelah pandemi mereda. "Kami mengamati adanya lonjakan minat pariwisata domestik maupun internasional yang luar biasa, terutama segmen family travel," ungkap dia dalam keterangan tertulisnya, Kamis (1/6/2023). 

Memasuki kuartal kedua 2023, Traveloka mencatat beragam temuan menarik mengenai perilaku konsumen, terutama dalam perencanaan perjalanan internasional. Data internal menunjukkan bahwa pengguna Traveloka semakin cermat dalam merencanakan liburan mereka. 

Iko mengatakan ada berbagai faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam menentukan rencana perjalanannya, seperti harga, promo, fleksibilitas dan rekomendasi dari keluarga serta rekan terdekat. Merespon tingginya animo masyarakat, pihaknya menggelar Traveloka Travel Fair yang masih berlangsung hingga 4 Juni 2023. 

"Ini merupakan bagian dari wujud komitmen kami mendorong pariwisata global, sekaligus memberikan solusi kemudahan kepada konsumen dalam merencanakan dan mewujudkan aspirasi perjalanan mereka, terutama untuk perjalanan internasional," ujar dia.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement