Selasa 30 May 2023 09:24 WIB

Renovasi Greenhouse Di Pulogadung, OMG Dukung Inovasi Masyarakat Guna Hasilkan Keuntungan

Kegiatan tersebut dalam rangka memulihkan kembali tanaman hidroponik warga.

Warga memberdayakan instalasi media tanam hidroponik di Kelurahan Pisangan Timur RW 14, Pulogadung, Jakarta Timur.
Foto: Dok. Web
Warga memberdayakan instalasi media tanam hidroponik di Kelurahan Pisangan Timur RW 14, Pulogadung, Jakarta Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bantuan renovasi instalasi media tanam hidroponik hingga berbagi sayur segar hasil dari kelompok Petani Kota dilakukan oleh kelompok OMG DKI Jakarta. Total ada 400 sayur dibagikan secara langsung maupun door to door kepada masyarakat Kelurahan Pisangan Timur Rw 14, Pulogadung, Jakarta Timur. 

Koordinator Wilayah OMG atau Orang Muda Ganjar DKI Jakarta, Abel Thoriq mengungkapkan, kegiatan tersebut dalam rangka memulihkan kembali tanaman hidroponik di Kelurahan Pisangan Timur yang sempat terbengkalai.

Baca Juga

Dengan adanya bantuan dari sukarelawan Ganjar Pranowo itu, diharapkan masyarakat bisa lebih aktif hingga mendapatkan hasil panen yang maksimal. 

"Kami mengunjungi daerah Pulogadung Pisangan ini dalam rangka peresmian bantuan yang kita berikan yaitu renovasi media tanam hidroponik, yang dalam beberapa bulan terbengkalai,” kata dia.

Tim OMG sendiri akan terus memantau perkembangan kelompok tani di Kelurahan Pisangan hingga masyarakat bisa menghasilkan lebih banyak keuntungan.

Saat ini sudah ada 25 kelompok tani yang dibina oleh OMG, dengan begitu akan lebih banyak sayur yang dihasilkan hingga membawa manfaat dan keuntungan kepada masyarakat. 

"Kami di sini bakalan mantau terus, karena kami akan mengawal produk turunannya nanti dijual, dibantu juga pemasarannya," kata Abel. 

Sementara itu, Mukharir, Ketua RW 14 Kelurahan Pisangan mengungkapkan bahwa OMG sangat peduli kepada Pekarangan Pangan Lestari (P2L). 

Menurut dia, bantuan yang diberikan sangat bermanfaat untuk kehidupan masyarakat ke depan. 

"Terima kasih kepada OMG yang peduli pada P2L di RW 14, bermanfaat sekali dan sangat membantu bagi petani-petani disini, kedepannya kita akan selalu merawat dan menjaga bagaimana P2L bisa berkembang lebih maju lagi," kata Mukharir. 

Mukharir juga menjelaskan, hasil panen dari tanaman hidroponik nantinya akan diinovasikan menjadi produk baru dan dijual kepada masyarakat sekitar, namun jika ada masyarakat yang kurang mampu maka akan diberikan secara gratis. 

"Setelah panen biasanya kader berkeliling ke wilayah untuk menjual produk inovasi, nanti uangnya itu diputar lagi untuk membeli bibit, tapi kalau ada masyarakat yang kurang mampu kita gratiskan," kata Mukharir. 

Dalam waktu berdekatan atau selang sehari, yakni Senin (29/5/2023), aksi OMG juga tampak di Yogyakarta. OMG meresmikan gardu pintar yang terletak di Jalan Sawit Demangan, Kecamatan Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Senin. 

Kehadiran gardu pintar itu disebut-sebut sangat bermanfaat, karena bisa digunakan untuk warga sekitar tidak hanya menjaga keamanan, tetapi juga belajar. 

Kordinator Wilayah OMg Yogyakarta Muhammad Yusuf Radhika mengatakan gardu pintar ini dibangun untuk masyarakat sekitar melakukan aktivitas seperti diskusi, belajar, dan bekerja. 

Menariknya, tempat tersebut juga sudah dilengkapi dengan fasilitas wifi selama satu tahun ke depan hingga terdapat tempat minum gratis. 

 

"Jadi, gardu pintar itu kami sediakan akses wifi selama satu tahun ke depan. Peralatan lainnya seperti karpet dan dispenser juga tersedia. Semoga bisa membantu teman-teman untuk belajar," kata Yusuf, demikian dilansir dari Antara

sumber : Antara

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement