Senin 29 May 2023 19:33 WIB

Satu-Satunya Setujui Proposional Tertutup, PDIP Minta SBY tak Takut-Takuti Rakyat

PDIP selaku partai yang setuju proporsional tertutup minta SBY tidak menakuti rakyat.

Rep: Febryan A/ Red: Bilal Ramadhan
Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. PDIP selaku partai yang setuju proporsional tertutup minta SBY tidak menakuti rakyat.
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. PDIP selaku partai yang setuju proporsional tertutup minta SBY tidak menakuti rakyat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto meminta Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tidak menakut-nakuti rakyat terkait kemungkinan ditetapkannya sistem proporsional tertutup alias sistem coblos partai dalam Pemilu 2024. 

"Tidak perlu seorang pemimpin menakut-nakuti rakyat selama para pemimpin punya sikap kenegarawanan yang kuat," kata Hasto di Kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, Senin (29/5/2023). 

Baca Juga

Pernyataan Hasto itu disampaikan untuk merespons SBY yang menyebut perubahan sistem pemilu dari sistem proporsional terbuka menjadi proporsional tertutup di tengah tahapan Pemilu 2024 bisa menimbulkan kekacauan alias chaos.

SBY menyampaikan hal itu usai mantan Wakil Menteri Hukum dan HAM Denny Indrayana mengaku mendapat bocoran bahwa Mahkamah Konstitusi (MK) akan memutuskan penerapan sistem proporsional tertutup. 

Menurut Hasto, kekacauan politik baru akan terjadi apabila dalam sebuah kontestasi pemilu yang ketat ada pihak yang menyalahgunakan kekuasaan. Kekacauan juga akan muncul apabila ada pihak yang curiga berlebihan akan terjadi kecurangan meski pemilu belum dilaksanakan. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement