Ahad 28 May 2023 22:28 WIB

Kowarteg Indonesia Tingkatkan Semangat dan Kesehatan Warga Jakarta Melalui 'Bugar Ceria'

Kegiatan tersebut dilakukan atas dasar kebutuhan dari konsolidasi.

Kegiatan senam sehat di Benhil, Tanah Abang, Jakarta Pusat.
Foto: Dok. Kow
Kegiatan senam sehat di Benhil, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ratusan warga Jakarta tampak antusias mengikuti senam 'Bugar Ceria' bersama kelompok relawan Kowarteg Indonesia di halaman GOR Benhil, Tanah Abang, Jakarta Pusat. "Kowarteg Indonesia mengadakan bugar ceria yang merupakan salah satu upaya dari kami dalam memberikan manfaat yang positif bagi masyarakat, untuk hal ini kita melibatkan peran ibu-ibu," ujar Koordinator Daerah Kowarteg Indonesia di DKI Jakarta, Mochammad Hasanudin, seperti dilansir pada Ahad (28/5/2023). 

Menurut dia, kebahagiaan di dalam keluarga salah satu faktor yang dipengaruhinya adalah kondisi psikologis dari ibu rumah tangga. Oleh sebab itu, mengapa pentingnya kegiatan bugar ceria ini diselenggarakan.

Baca Juga

"Ibu-ibu memiliki peran penting di dalam rumah tangga, kondisi psikologisnya mempengaruhi seisi rumah. Apabila ibu-ibunya ceria atau bahagia, maka anggota keluarga di rumah pun akan terbangun aura positif karena ibu rumah tangga ini bisa dibilang jantungnya keluarga yang menopang semua kebutuhan rumah tangga," ujar dia.

Hasanudin menjelaskan, kegiatan tersebut dilakukan atas dasar kebutuhan dari konsolidasi yang sudah dilakukan sebelumnya oleh Kowarteg Indonesia.

Karena itu, lanjutnya, olahraga senam memang memiliki daya tarik tinggi di kalangan ibu-ibu selama ini.

Dia pun menyebut Kowarteg Indonesia akan terus berkomitmen untuk memberikan dampak positif terhadap masyarakat melalui program yang dilakukan Kowarteg Indonesia. Dengan demikian, manfaatnya bisa dirasakan langsung oleh masyarakat.

"Kami akan terus memperkuat dampak sosial bagi program yang dibuat Kowarteg Indonesia. Sehingga manfaatnya bisa terus dirasakan secara berkelanjutan seperti pelatihan memasak, cek kesehatan gratis dan bantu UMKM khususnya bagi para pedagang kaki lima,"

Senada dengan Hasanudin, Koordinator Lapangan dalam kegiatan tersebut, Yuniarti merespons baik acara yang diselenggarakan oleh Kowarteg Indonesia.

Dirinya berharap kegiatan tersebut bisa dilakukan dengan rutin sehingga bisa melibatkan lebih banyak lagi ibu-ibu di lingkungan sekitar.

"Bagus banget, kalau bisa dioptimalkan secara rutin karena ini kegiatan positif, terutama ibu-ibu yang memang gemar dengan olahraga senam ini, buat para ibu-ibu merefresh otak dan bikin bahagia," jawabnya.

Langkah kelompok relawan ini dalam mendukung kesehatan masyarakat bukan kali ini saja dilakukan. Belum lama ini, di Jawa Timur menyelenggarakan pemeriksaan kesehatan gratis bagi masyarakat Kecamatan Menganti, Kabupaten Gresik.

Koordinator Kowarteg Indonesia, Noerozi, menghadirkan dokter senior beserta perawat profesional untuk memeriksa kesehatan masyarakat.

"Peserta kebanyakan lansia dan mereka merasa terbantu dengan adanya cek kesehatan," ujar dia, demikian dilansir dari Antara

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement