Selasa 23 May 2023 06:54 WIB

Empat Kereta Jarak Jauh Layani Stasiun Jatinegara Mulai Juni

Di Gapeka 2023, ada empat kereta jarak jauh baru keberangkatan dari Daop 1 Jakarta.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Erik Purnama Putra
Suasana Stasiun Jatinegara Baru, Jakarta Timur (ilustrasi).
Foto: Antara/Galih Pradipta
Suasana Stasiun Jatinegara Baru, Jakarta Timur (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Kereta Api Indonesia (Persero) mulai memberlakukan Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2023 untuk menggantikan Gapeka 2021. Hal itu termasuk pengoperasian di wilayah Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta mulai awal Juni mendatang.

Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa mengatakan, Gapeka 2023 memberikan sejumlah manfaat bagi pengguna jasa kereta. Salah satunya, pengaturan operasional untuk pemberhentian kereta jarak jauh di area Daop 1 Jakarta.

"Saat Gapeka baru diberlakukan pada 1 Juni akan terdapat empat kereta jarak jauh pemberangkatan dari Stasiun Gambir yang akan melayani juga naik penumpang berangkat dari Stasiun Jatinegara," kata Eva dalam siaran pers di Jakarta, Senin (22/5/2023).

Empat kereta jarak jauh yang akan melayani naik penumpang dari Stasiun Jatinegara mulai 1 Juni 2023, yaitu Kereta 38F Argo Parahyangan relasi Gambir-Bandung pukul 06.46 WIB dan Kereta 10 Argo Dwipangga relasi Gambir-Solo berangkat Stasiun Jatinegara pukul 09.06 WIB.

Begitu juga, Kereta 12 Argo Sindoro relasi Gambir-Semarang Tawang Bank Jateng berangkat Jatinegara pukul 16.56 WIB dan Kereta 36F Argo Parahyangan relasi Gambir- Bandung berangkat Stasiun Jatinegara pukul 18.46 WIB

Keempat kereta jarak jauh yang melayani naik penumpang dari Stasiun Jatinegara tersebut memulai keberangkatan awal dari Stasiun Gambir. "Sehingga melalui penambahan layanan naik penumpang di Stasiun Jatinegara diharapkan para pelanggan kereta khususnya dari area Daop 1 Jakarta dapat memiliki alternatif stasiun yang dapat dipilih saat akan berangkat," kata Eva.

Manfaat lain dari pemberlakuan Gapeka 2023 yang dapat langsung dirasakan pelanggan yakni efisiensi waktu perjalanan kereta jarak jauh keberangkatan dari Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen. Untuk wilayah Daop 1 Jakarta, Gapeka 2023 memberikan percepatan waktu tempuh perjalanan kereta jarak jauh sebesar total 2.512 menit per hari.

"Perinciannya, efisiensi 880 menit pada kereta argo, 585 menit pada kereta eksekutif, 648 pada kereta eksekutif campuran, dan 399 menit pada kereta ekonomi," tutur Eva.

Salah satu kereta yang mengalami percepatan waktu tempuh perjalanan adalah Kereta Argo Lawu relasi Gambir-Solobalapan yang perjalanannya lebih singkat 49 menit dari sebelumnya tujuh jam 44 menit menjadi enam jam 55 menit. Kereta Fajar Utama Solo relasi Pasarsenen-Solobalapan yang perjalanannya lebih singkat 50 menit dari sebelumnya delapan jam 30 menit menjadi tujuh jam 40 menit.

Selain itu, pada Gapeka 2023 akan terdapat empat kereta jarak jauh baru untuk keberangkatan dari wilayah Daop 1 Jakarta. Kereta tersebut adalah Argo Semeru relasi Gambir-Surabaya Gubeng keberangkatan pukul 06.20 WIB, Kereta Manahan relasi Gambir-Solo Balapan keberangkatan pukul 10.30 WIB dan 22.50 WIB, serta Kereta Pandalungan relasi Gambir-Surabaya Pasarturi-Jember keberangkatan pukul 20.05 WIB.

Adapun satu lagi, Kereta Merbabu relasi Gambir-Semarang Tawang Bank Jateng keberangkatan pukul 14.20 WIB. "Secara total, terdapat penambahan 62 perjalanan kereta di area Daop 1 Jakarta dari semula 1.462 kereta menjadi 1.524 kereta," ucap Eva.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement