Jumat 19 May 2023 13:35 WIB

Giring Sebut Gibran Respons Positif Namanya Masuk Cagub DKI 2024

PSI dukung Pj Heru, Jenderal Dudung, hingga Komjen Fadil Imran jadi cagub DKI 2024.

Rep: Muhammad Noor Alfian Choir/ Red: Erik Purnama Putra
Ketum DPP PSI Giring Ganesha DJumaryo bersama keluarga mengunjungi Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka di Balai Kota Solo, Jumat (19/5/2023).
Foto: Republika/Alfian
Ketum DPP PSI Giring Ganesha DJumaryo bersama keluarga mengunjungi Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka di Balai Kota Solo, Jumat (19/5/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Ketua Umum DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Giring Ganesha Djumaryo menggelar pertemuan dengan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka di Balai Kota Solo, Jawa Tengah, Jumat (19/5/2023). Disinggung apakah pertemuan tersebut adalah langkah lanjutan dari Rembuk Rakyat untuk menentukan calon gubernur (cagub) DKI, Giring tak menampiknya.

Giring malah mengaku kaget lantaran nama Gibran masuk dalam daftar cagub DKI 2024. Meski begitu, ia menyerahkan hal itu kepada DPW PSI DKI. "Itu kan gagasan PSI DKI saya juga kaget juga karena ada nama Mas Gibran masuk, Sis Grace masuk, Kang Emil masuk," kata Giring saat ditemui Republika.co.id di Balai Kota Solo, Jumat.

Pada periode 2019-2024, PSI bisa membentuk fraksi sendiri di DPRD DKI karena memiliki delapan kursi. Pada Pemilu 2024, Giring menargetkan kursi yang didapatkan PSI DKI bisa naik dua kali lipat, sehingga PSI DKI bisa mengusung cagub.

Baca: Natalius Pigai: Jadi Korban Nasdem Capreskan Anies, Johnny G Plate Tersangka

"Kan PSI DKI kita punya satu fraksi di sana dan insya Allah di 2024 kita akan sampai 16 kursi dan kita sudah bisa mengusung gubernur sendiri, jadi bagian dari demokrasi. Jadi biasanya semua orang ngomongin capres tapi PSI DKI sudah langsung mikirin calon gubernur untuk DKI ke depannya," kata Giring optimistis.

Meski begitu, Giring menampik pertemuannya dengan Gibran secara khusus membahas pencalonan di DKI. Dia hanya menegaskan, persoalan itu adalah murni gagasan dari DPW PSI DKI .

"Enggak, cuma ngasih tahu eh itu temen-temen DKI, Mas Gibran cuma bilang saya ngak tahu. Tapi insya Allah kita kasih tahu namanya masuk dan respons Mas Wali positif sekali," kata Giring.

Baca: Pj Heru Mengaku Kinerjanya Dievaluasi oleh Kemendagri Hari Ini

Sebelumnya, PSI memunculkan sembilan nama cagub DKI DKI periode 2024-2029. Nama itu dimunculkan PSI berdasarkan hasil survei internal partai selama sepekan.

"Berdasarkan survei kami kepada masyarakat, muncullah sembilan nama yang digadang-gadang layak untuk dipilih menjadi gubernur DKI Jakarta," kata Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PSI DKI Jakarta, Elva Qolbina saat ditemui di Jakarta Pusat, Rabu (17/5/2023).

Elva menjelaskan, PSI DKI menetapkan kriteria yang komprehensif untuk memastikan bahwa calon gubernur yang dipilih memiliki integritas, kompetensi, dan visi yang kuat untuk memajukan Jakarta. Sembilan nama itu adalah Grace Natalie, Gibran Rakabuming Raka, Penjabat Gubernur DKI Heru Budi Hartono, dan Menteri Sosial Tri Rismaharini.

Selain itu, ada pula Gubernur Jabar M Ridwan Kamil, Wali Kota Bogor Bima Arya, KSAD Jenderal Dudung Abdurachman, Kepala Baharkam Polri Komjen Muhammad Fadil Imran, dan Bupati Tangerang Ahmad Zaki Iskandar. "Kami mengajak masyarakat Jakarta berpartisipasi dalam menentukan calon gubernur Jakarta pada Pilkada Jakarta 2024," kata Elva.

Baca: Presiden Jokowi dan Pj Heru Budi akan Nonton Langsung Formula E 2023

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement