Jumat 19 May 2023 08:52 WIB

Ikuti Arahan Gubernur Sugianto, Bank Kalteng Fasilitasi Pemasaran Produk 11 UMKM

UMKM menjadi sektor strategis penopang ekonomi daerah Provinsi Kalteng

Bank Kalteng memfasilitasi sebanyak 11 pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) pada gelaran Kalteng Expo 2023 dengan membuka stan khusus untuk membantu mempromosikan dan memasarkan produk yang dimiliki.
Foto: Bank Kalteng
Bank Kalteng memfasilitasi sebanyak 11 pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) pada gelaran Kalteng Expo 2023 dengan membuka stan khusus untuk membantu mempromosikan dan memasarkan produk yang dimiliki.

REPUBLIKA.CO.ID, PALANGKA RAYA -- Bank Kalteng memfasilitasi sebanyak 11 pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) pada gelaran Kalteng Expo 2023 dengan membuka stan khusus untuk membantu dalam mempromosikan dan memasarkan produk yang dimiliki.

"Ini sebagai salah satu upaya kami mendukung UMKM yang merupakan mitra binaan Bank Kalteng dalam pengembangan usaha mereka," kata Direktur Pemasaran dan Bisnis Bank Kalteng, Marzuki, di Palangka Raya, Jumat (19/5/2023).

11 UMKM mitra binaan tersebut, di antaranya Indang Apang, Bajakah Official, Batik Mata Andau, Kirana Production, Kopi Ulew, New Tren, Lalunna, dan lainnya. UMKM mitra binaan yang difasilitasi ini terdiri atas sektor kuliner hingga tekstil.

"Melalui berbagai program dan produk yang dimiliki, Bank Kalteng tak hanya memfasilitasi pelaku UMKM dalam hal permodalan, tapi juga akses pasar. Adapun dalam Kalteng Expo 2023 ini merupakan salah satu bentuk penyediaan akses pasar tersebut," katanya menjelaskan.

Marzuki mengatakan, dukungan yang Bank Kalteng berikan selaras dengan arahan Gubernur Sugianto Sabran, yakni agar membantu peningkatan kapasitas ataupun mewadahi UMKM untuk bisa semakin berkembang.

UMKM menjadi sektor strategis sebagai salah satu penopang perekonomian daerah, khususnya di wilayah Kalimantan Tengah. Oleh karena itu, berbagai dukungan melalui program dan kegiatan selalu diberikan pemerintah daerah ataupun instansi lainnya seperti Bank Kalteng.

Pemilik usaha batik Mata Andau, Yoga mengatakan, pihaknya sangat berterima kasih dengan fasilitasi Bank Kalteng, yang menyediakan tempat strategis bagi mereka untuk mempromosikan dan menjual produk yang dimiliki pada gelaran Kalteng Expo 2023.

"Keikutsertaan dalam agenda seperti ini sangat penting bagi kami UMKM, terutama sebagai sarana untuk semakin dikenal masyarakat secara luas," tuturnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Edy Pratowo mengatakan, penyelenggaraan Kalteng Expo 2023 menjadi ajang promosi, sekaligus informasi peluang investasi bagi produk-produk komoditas unggulan daerah.

"Kegiatan ini juga salah satu upaya mendukung Program Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI)," ucapnya.

Melalui penyelenggaraan Kalteng Expo 2023, Pemprov Kalteng ingin terciptanya wahana interaksi bisnis dan terjalin kerja sama saling menguntungkan antarpelaku usaha, pembeli, dan investor.

Tujuannya agar secara optimal mendorong masuknya investasi ke Kalimantan Tengah, sehingga mampu meningkatkan volume perdagangan produk unggulan daerah, industri, teknologi, serta lainnya. Kalteng Expo 2023 dilaksanakan sejak 17 Mei hingga 21 Mei mendatang.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement