Kamis 18 May 2023 16:00 WIB

Bangka Barat dan BI Sinergi Perkuat Ketahanan Pangan

Bangka Barat dan BI berkomitmen menguatkan simpul ketahanan pangan di masyarakat.

Ilustrasi ketahanan pangan.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Ilustrasi ketahanan pangan.

REPUBLIKA.CO.ID, MENTOK -- Pemerintah Kabupaten Bangka Barat mengajak Perwakilan Bank Indonesia Kepulauan Bangka Belitung bersinergi dan berkolaborasi untuk memperkuat ketahanan pangan di daerah itu.

"Kami sudah bertemu dengan Kepala Perwakilan BI Babel dan menyampaikan rencana ini agar ke depan terjadi kerja sama yang lebih erat lagi dalam upaya bersama membangun program-program yang sedang berjalan di Bangka Barat," kata Bupati Bangka Barat Sukirman di Mentok, Kamis (18/5/2023).

Baca Juga

Ia mengatakan beberapa kegiatan dilakukan Pemkab Bangka Barat dengan tujuan memperkuat sektor ketahanan pangan dan perekonomian masyarakat.

Bahkan beberapa hari lalu Bupati Sukirman telah bertemu langsung dengan Wakil Menteri Pertanian RI dan meminta Bangka Barat bisa menjadi lokasi prioritas pangan.

"Bangka Barat saat ini memiliki lebih dari 2.700 hektare lahan pertanian yang tersebar di beberapa desa, ini yang akan terus kami tingkatkan produksi dan produktivitas untuk mendukung upaya ketahanan pangan daerah," ujarnya.

Tidak hanya sektor pertanian, Pemkab Bangka Barat juga memiliki rencana untuk membangkitkan sektor UMKM yang semakin hari terus bertambah jumlah pelaku usahanya.

"Agustus 2023, bangka Barat menjadi tuan rumah Porprov Babel, kami akan melibatkan para pelaku UMKM agar bisa memanfaatkan momentum tersebut untuk promosi dan pengembangan pemasaran produk," katanya.

Dengan berbagai potensi dan peluang pasar yang ada diharapkan BI Babel bisa ikut berperan serta dalam membantu berbagai upaya yang sedang dilakukan Pemkab Bangka Barat.

Menanggapi hal itu Kepala Perwakilan BI babel Faturrahman merespons positif dan menyampaikan bahwa perkembangan UMKM di Kabupaten Bangka Barat dinilai stabil dan menunjukkan tren yang selaras.

"UMKM Bangka Barat cukup konsisten. Ada beberapa yang kami sentuh, ada kelompok ternak sapi, petani cabai, dan pendampingan usaha di pesantren," kata Faturrahman.

Selain itu, pihaknya juga siap membantu usaha yang dilakukan daerah dengan memberikan kesempatan unjuk produk dalam berbagai pameran yang sering kali digelar.

"Kami ada juga investor relationship, kita bisa adakan pameran dan datangkan investor di sana," ujarnya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Apakah internet dan teknologi digital membantu Kamu dalam menjalankan bisnis UMKM?

  • Ya, Sangat Membantu.
  • Ya, Cukup Membantu
  • Tidak
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement