Selasa 16 May 2023 00:17 WIB

Ini 8 Menteri Jokowi yang Maju Nyaleg

Sebanyak delapan menteri di pemerintahan Presiden Jokowi mendaftar sebagai caleg.

Rep: Febryan A/ Red: Bilal Ramadhan
Daftar menteri yang jadi caleg. Sebanyak delapan menteri di pemerintahan Presiden Jokowi mendaftar sebagai caleg.
Foto:

5. Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah juga maju sebagai bakal caleg DPR RI dari PKB. Ida akan berebut kursi di Dapil Jakarta II. DPP PKB mendaftarkan nama Abdul Halim dan Ida ke KPU RI pada Sabtu (13/5/2023). 

6. Wakil Menteri Ketenagakerjaan Afriansyah Noor juga nyaleg. Dia maju sebagai bakal caleg DPR RI dari Partai Bulan Bintang (PBB) untuk bertarung di Dapil Jawa Barat V. DPP PBB mendaftarkan Afriansyah ke KPU RI pada Sabtu (13/5/2023). 

7. Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid maju sebagai caleg DPR RI dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Ketika mendaftar di Kantor KPU RI pada Jumat (12/5/2023), DPP PPP hanya menyebutkan Zainut maju di dapil di Jawa Timur. 

8. Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesodibjo maju pula sebagai bakal caleg DPR RI dari partai yang didirikan bapaknya, Perindo. DPP Perindo ketika mendaftar pada Ahad (14/5/2023), mengatakan Angela bakal maju di sebuah dapil di Jawa Timur. 

Indonesia Corruption Watch (ICW) menyoroti langkah sejumlah menteri Jokowi yang maju menjadi caleg tersebut. ICW mendorong mereka untuk segera mundur dari jabatan menteri. 

UU Pemilu sebenarnya tidak mengharuskan seorang menteri untuk mundur dari jabatannya ketika menjadi caleg. Kendati begitu, ICW menilai ada potensi konflik kepentingan ketika seorang menteri tetap menjabat sembari menjadi caleg. 

"Misalnya, penggunaan aset dan fasilitas negara serta kewenangan yang melekat sebagai pejabat untuk kepentingan meraup suara masyarakat di daerah pemilihannya," ujar Peneliti ICW Kurnia Ramadhana, Jumat (12/5/2023). 

Selain potensi konflik kepentingan, ...

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement