Selasa 16 May 2023 01:55 WIB

Kemendagri Dorong Pemuda Aktif dalam Pemilu 2024

Anak muda didorong jadi pengawal demokrasi di Tanah Air.

Pemilu (Ilustrasi).
Foto: republika/mardiah
Pemilu (Ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah melalui Kementerian Dalam Negeri (Mendagri) memastikan pemilu 2024 tetap dilaksakan dengan baik dan lancar.  Kepastian itu disampaikan Staf Khusus Mendagri Bidang Politik dan Media Kastorius Sinaga disela-sela seminar kegiatan Kongres Ke-12, Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) di Kota Ambon, Maluku, Senin (15/5/2023).

Tidak dilungkiri suhu politik jelang pemilu begitu panas, namun pemerintah berkeyakinan semua elemen seperti partai politik penyelenggara pemilu dan pengawas pemilu dapat menjaga pesta demokrasi berjalan dengan baik. "Kita berkayakinan semua akan berjan dengan baik sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan," tegasnya dalam siaran persnya.

Baca Juga

Menurut dia tahun 2024 ada delapan pemilihan digelar, diantaranya Pemiihan Presiden (Pilpres), DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kota/Kab, DPD dan pemilihan legislatif tingkat Provinsi Kota serta Kabupaten. 14 Februari besok legislatif, lalu dilanjut November pilpres," jelasnya.

Dijelaskan lagi bawa ada 37 Provinsi yang mengelar Pilgub kecuali DKI Jakarta. Sementara wilayah tingkat 2 ada 93 Kota dan 415 Kabupaten kecuali Jakarta yang melaksanakan pemilihan bupati dan walikota. " Semuanya kita harapkan berjalan dengan lancar, karena pemilu di tanah air pemilu terbesar di dunia," katanya.

Karena itu ada keberhasilan pemilu atau  kunci berjalan dengan baik dan lancar. Salah satunya, tidak hanya sesuai aturan, partisipasi pemilih, tidak terjadi konflik, pemerintahan yang ada tetap berjalan lancar. " Pemerintah mengharapkan begitu besar pertisipasi pemilih pada pemilu besok, salah satunya minta pemilu pemula atau anak muda," ujarnya. 

"Disinilah lah peran GAMKI bagaimana mendorong anak muda untuk ikut terjun dan menyukseskan pemilu besok. Saya yakin GAMKI akan terjun langsung bagaimana memastikan kepada generasi muda pentingnya pemilu," tegasnya. 

Harapannya, GAMKI berperan aktif dalam pemilu. "Bagaimana mendorong kepada pemuda untuk Insiatif tingkat kepercayaan kepara pemilu serta ikut mengawal proses  pemilu dari tingkat atas hingga bawah," jelasnya kembali. 

Sementara itu Ketua Umum GAMKI Willem Wandik memastikan kadernya menjaga pemilu dengan baik. Adapun tujuanya agar pemilu bisa berjalan dengan lancar adil dan demokratis. " Saya sudah instruksikan kader  dan pengurus GAMKI dari tingkat pusat, provinsi dan Kota serta Kabupaten bagaimana menjadi bagian pengawal demokrasi," tegasnya. 

Begitu juga para pengurus GAMKI dari generasi milenial ikut dalam sejarah nanti salah satunya pemilih. " Anak muda bukan saja menjadi pemilih namun menjadi pengawal demokrasi di tanah air. Karena seperti di katakan pihak Mendagri pemilu di tanah air adalah pemilu terbesar di dunia," jelas anggota DPR RI dari Fraksi Partai Demorkat ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement