Senin 15 May 2023 04:53 WIB

Budi Arie: Presiden Jokowi Ingin Pasangan Prabowo-Airlangga

Jokowi mengajak masyarakat agar tidak salah memilih pemimpin 2024.

Rep: Erik PP/Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri
Foto:

SMRC: Elektabilitas Prabowo Stagnan, Ganjar Naik

Dalam survei nasional elektabilitas bakal calon presiden versi Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) pascapengumuman Ganjar Pranowo sebagai bacapres oleh PDI Perjuangan, ditemukan Anies Baswedan hanya dipilih 19,7 persen. Sementara Ganjar menempati posisi pertama dengan memperoleh 39,2 persen dan disusul Prabowo 32,1 persen. Namun dalam survei tersebut masih ada 8,9 persen responden yang belum menjawab.

Hasil tersebut disampaikan Direktur Riset SMRC, Deni Irvani dalam survei SMRC bertajuk “Trend Elektabilitas Bakal Calon Presiden”. Rilis ini disiarkan melalui kanal YouTube SMRC TV pada Jumat, 12 Mei 2023.

Deni menjelaskan tiga nama bakal capres tersebut sudah diputus partai atau gabungan partai untuk menjadi calon presiden dan sejauh ini paling kompetitif dibanding tokoh-tokoh lain. Deni menunjukkan, dalam sebulan terakhir, dukungan pada Ganjar menguat sekitar 6 persen setelah ia dideklarasikan sebagai calon presiden, dari 33,2 persen di awal April 2023 menjadi 39,2 persen di awal Mei 2023.

Pada periode yang sama, dukungan pada Prabowo relatif stabil dari 31,5 persen menjadi 32,1 persen. Sementara dukungan pada Anies turun dari 24,2 persen menjadi 19,7 persen. “Ganjar terlihat menarik suara Anies dan yang belum memutuskan dalam sebulan terakhir,” kata Deni.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement