Ahad 14 May 2023 18:10 WIB

Lestarikan Keindahan Alam, Masyarakat Banten Bersama Kelompok Srikandi Bersihkan Pantai

Pantai pasir putih jadi salah satu destinasi wisata yang harus dirawat.

Aksi Beach Clean Up di Pantai Pasir Putih, Banten
Foto: Dok. Web
Aksi Beach Clean Up di Pantai Pasir Putih, Banten

REPUBLIKA.CO.ID, LEBAK -- Keinginam untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar dan pantai menjadi salah satu  perhatian dari sukarelawan Srikandi Ganjar Provinsi Banten. Kelompok relawan ini mengimplementasikan itu dengan melakukan aksi 'Beach Clean Up' atau bersih-bersih sampah di Pantai Pasir Putih Desa Ciparahu, Kec. Cihara, Kabupaten Lebak, Banten. Aksi dilakukan bersama pelaku UMKM dan masyarakat sekitar. 

"Kami melihat bahwa pantai putih Ciara ini lumayan sangat kotor, sehingga kami Srikandi Ganjar Banten tergerak hati untuk melakukan operasi bersih-bersih bersama masyarakat sekitar," kata Koordinator Wilayah Srikandi Ganjar Banten, seperti dilansir pada Ahad (14/5/2023). 

Baca Juga

Menurut dia, banyak wisatawan yang menikmati keindahan pantai ini, terlebih usai Lebaran Idulfitri 2023. Oleh karenanya, kebersihan pantai perlu dijaga agar wisatawan nyaman ketika berkunjung. Srikandi Ganjar juga turut meletakan tempat sampah di pantai tersebut. 

"Kami juga mengedukasi kepada para perempuan milenial disini untuk selalu menjaga kebersihan terutama di tempat-tempat pinggir pantai, karena bagaimanapun ini adalah tempat mencari mata pencaharian mereka," ujar Ila. 

Aksi bersih-bersih pantai yang dilakukan oleh komunitas Srikandi di Pantai Pasir Putih Banten mendapat apresiasi dari masyarakat setempat. 

Kegiatan itu tidak hanya membantu menjaga kebersihan pantai, tetapi juga memberikan dampak positif bagi ekonomi lokal. Hal ini membuktikan bahwa masyarakat juga peduli terhadap lingkungan dan turut berpartisipasi dalam menjaga kebersihan pantai.

"Kegiatannya bermanfaat, bagus banget. Pantai biasanya kotor, dengan adanya kegiatan ini bermanfaat buat kami dalam menikmati pantai ini bagus," ungkap Rika Amelia yang ikut aksi peduli lingkungan tersebut. 

Beberapa waktu lalu, di Jawa Timur kelompok serupa juga membersihkan pantai di Pulau Gili Ketapang, Kabupaten Probolinggo.

"Kami bersama para wisatawan terutama yang datang ke pulau ini harus selalu menjaga kebersihan, dan dimulai dari di wilayah pesisir," ujar  Koordinator Wilayah Srikandi Ganjar Jatim Cindy Maghriza. 

Dengan melibatkan komunitas Pecinta Lingkungan dan Operator Snokerling, ia berharap kegiatan tersebut dapat dilakukan rutin dengan melibatkan berbagai banyak pihak dalam menjaga dan mempertahankan ekosistem laut di wilayah setempat.

"Komunitas itu sebelumnya sudah rutin melakukan clean up pantai di Selasa dan Jumat. Mudah-mudahan semakin banyak lagi komunitas atau masyarakat yang terlibat dalam misi lingkungan ini," ucap dia, demikian dilansir dari Antara

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement