Kamis 04 May 2023 12:49 WIB

Pengunjung Pantai Pasir Putih Situbondo Capai 19.018 Orang

Pantai pasir putih Situbondo terletak di kecamatan Bungatan, Kabupaten Situbondo.

Foto udara suasana Pantai Pasir Putih di Situbondo, Jawa Timur, Jumat (13/5/2022). Pantai yang berada di jalur Pantai Utara (Pantura) tersebut menjadi salah satu wisata bahari unggulan di Kabupaten Situbondo yang menawarkan panorama alam dan keindahan bawah lautnya.
Foto: ANTARA/Budi Candra Setya
Foto udara suasana Pantai Pasir Putih di Situbondo, Jawa Timur, Jumat (13/5/2022). Pantai yang berada di jalur Pantai Utara (Pantura) tersebut menjadi salah satu wisata bahari unggulan di Kabupaten Situbondo yang menawarkan panorama alam dan keindahan bawah lautnya.

REPUBLIKA.CO.ID, SITUBONDO -- Manajemen Wisata Bahari Pasir Putih Situbondo, Jawa Timur, mencatat jumlah pengunjung wisata mencapai 19.018 wisatawan selama libur Lebaran 2023, pada22-30 April.

"Kami menghitung jumlah pengunjung sejak tanggal 22 April 2023 atau bertepatan Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah. Pada hari raya sudah ada pengunjung yang berdatangan," kataKoordinator Bidang Pariwisata Wisata Bahari Pasir Putih Situbondo, Ruaididi Situbondo, Kamis (4/5/2023).

Baca Juga

Menurut ia, pengunjung Wisata Bahari Pasir Putih Situbondo saat libur Lebaran 2023 dari hari ke hari terus meningkat, dan puncaknya terjadi pada Minggu 30 April 2023, jumlah wisatawan yang berkunjung pada hari terakhir liburan mencapai 4.106 orang.

Ruaidi mengungkapkan wisata Pasir Putih masih menjadi pilihan bagi wisatawan lokal maupun dari luar daerah, seperti wisatawan asal Kabupaten Jember, Probolinggo, Lumajang, Bondowoso, Malang, Pasuruan, Surabaya, hingga Jakarta dan Bandung.

Pada hari kedua setelah hari raya, katanya, pengunjung wisata Pasir Putih didominasi dari luar daerah, di antaranya Surabaya, Malang, Jember, dan Lumajang, dan juga Jakarta.

"Kami tetap mengimbau wisatawan menerapkan protokol kesehatan, meskipun COVID-19 melandai. Seperti mencuci tangan dan menggunakan masker kami tetap imbau pengunjung," ujarnya.

Pantai Pasir Putih Situbondo masih menjadi tujuan wisata favorit, ombak yang tenang dengan pasir putih membuat pengunjung betah berlama-lama di pantai.

Pantai pasir putih Situbondo terletak di kecamatan Bungatan, Kabupaten Situbondo, Provinsi Jawa Timur. Masyarakat Jawa timur banyak mengenal Situbondo dari pantai Pasir Putih, suatu tempat rekreasi pantai yang berjarak kurang lebih 23 km di sebelah barat Situbondo. Pasir Putih terenal dengan pantainya yang landai dan berpasir putih serta dengan ombak yang tenang. Dalam menyamarakkan ulang tahunnya dibulan februari, pantai pasir putih rutin mengadakan berbagai lomba, diantaranya Lomba Ayam Sap-sap, layang-layang, perahu layar, perahu kano dan mancing. Lomba ayam sap-sap yang dimaksud adalah lomba melepaskan ayam dari tengah laut sejauh ± 300 m dari bibir pantai, sebagai pemenang adalah ayam yang sampai dulu di pinggir pantai.

Tiket masuk wisata harga terjangkau. Pengunjung bisa sepuasnya untuk bermaindan berenang di pantai yang memiliki pasir berwarna putih dan air laut yang hijau. Disana kita bisa berenang, diving, snorkeling, bermain perahu layar dan kano, disini pengunjung khususnya anak-anak biasa menghabiskan waktu ditepi pantai untuk mencari keong dan kerang maupun ikan-ikan kecil saat air laut sedang surut.

Fasilitas dipantai ini pun cukup lengkap antara lain kamar mandi, musholla, tempat parkir, toko oleh-oleh kerajinan dari kerang dan batik Situbondo, warung makanan, juga panggung musik dangdut lengkap dengan door price jika hari libur besar. Disamping kanan dan kiri pantai ini terdapat beberapa hotel bagi yang ingin bermalam di kawasan pantai pasir putih ini. Bila ingin menikmati semilir angin pantai sambil bermalam di tepi pantai, juga bisa mendirikan tenda yang sudah disediakan oleh pengelola pantai.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement