Selasa 09 May 2023 14:07 WIB

Pj Heru Panggil Walkot Jaksel Terkait Pembebasan Lahan Rawajati

Heru Budi ingin normalisasi program Kali Ciliwung secepatnya dieksekusi.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Erik Purnama Putra
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meninjau lokasi normalisasi Kali Ciliwung di Kelurahan Rawajati, Pancoran, Jakarta Selatan pada Senin (8/5/2023).
Foto: Republika/Haura Hafizhah
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meninjau lokasi normalisasi Kali Ciliwung di Kelurahan Rawajati, Pancoran, Jakarta Selatan pada Senin (8/5/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta ingin membebaskan lahan di sekitar Kali Ciliwung, khususnya di Kelurahan Rawajati, Kecamatan Pancoran, Jakarta selatan (Jaksel). Karena itu, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono bakal memanggil Wali Kota Jaksel Munjirin untuk membahas normalisasi Ciliwung.

"Nanti kan saya panggil Wali Kota Jakarta Selatan. Ada beberapa hal yang memang harus dipercepat administrasi. Saya minta lurah-lurah untuk mempercepat kalau ada warga yang ingin meminta surat keterangan tanah yang hilang. Nanti, sebentar Pak Wali Kota saya panggil," kata Heru kepada wartawan di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Selasa (9/5/2023).

Dia menjelaskan, untuk mempercepat pembebasan lahan, masyarakat harus dibantu administrasinya oleh petugas kelurahan maupun RW setempat. Dengan begitu, proses normalisasi Ciliwung dapat cepat dieksekusi. "Yang penting mempercepat supaya masyarakat dibantu sehingga administrasi ada di BPN semuanya punya hak di BPN," ucap Heru.

Meski begitu, Heru tidak menjelaskan lebih lanjut kapan tepatnya pembebasan lahan bisa dimulai dan selesai. Dia hanya ingin pembebasan lahan untuk normalisasi Kali Ciliwung dapat secepatnya dieksekusi. Apalagi, kawasan itu selama ini selalu kebanjiran jika arus di Ciliwung naik.

Sehingga, proses relokasi warga juga mesti dipikirkan. "Iya harus. Kasian kan warga di situ tikungan (kawasan Rawajati). Katanya dua jam hujan banjir kasian. Yang pas di tikungan itu saya minta sih target secepatnya," kata Heru.

Pj Heru sudah meninjau lokasi normalisasi Kali Ciliwung di Kelurahan Rawajati pada Senin (8/5/2023). Di lokasi, ia menemukan masih banyak lahan yang belum dibebaskan karena persoalan dokumen yang hilang maupun luas bangunan yang berbeda dengan yang tercantum di pajak bumi dan bangunan (PBB).

Berdasarkan pantauan Republika.co.id, Heru mendatangi kawasan Rawajati pada pukul 15.00 WIB. Dia ditemani oleh Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) Yusmada Faizal dan Wali Kota Jaksel unjirin untuk melihat lahan yang sudah dibebaskan untuk normalisasi Kali Ciliwung.

Heru menyusuri Kali Ciliwung yang ada di RW 07, Kelurahan Rawajati. Sebagian pembebasan lahannya sudah tuntas. Namun, sebagian masih ada rumah yang masih ditempati warga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement