Selasa 09 May 2023 01:56 WIB

Rangkuman Tingkah Jenaka Gubernur Lampung Saat Temani Jokowi Cek Jalan Rusak

Video tingkah Gubernur Lampung Arinal Djunaidi saat mendampingi Jokowi viral.

Mobil dinas Presiden Joko Widodo melintas di jalan yang rusak saat meninjau jalan rusak di Kampung Rama Nirwana, Seputih raman, Lampung Tengah, Lampung, Jumat (5/5/2023). Presiden Jokowi mengucurkan dana Rp800 miliar untuk memperbaiki jalan rusak di Provinsi Lampung. ANTARA FOTO/Ardiansyah/aww.
Foto: ANTARA FOTO/Ardiansyah
Mobil dinas Presiden Joko Widodo melintas di jalan yang rusak saat meninjau jalan rusak di Kampung Rama Nirwana, Seputih raman, Lampung Tengah, Lampung, Jumat (5/5/2023). Presiden Jokowi mengucurkan dana Rp800 miliar untuk memperbaiki jalan rusak di Provinsi Lampung. ANTARA FOTO/Ardiansyah/aww.

REPUBLIKA.CO.ID, oleh Fergi Nadira B, Novita Intan, Wahyu Suryana, Flori Sidebang 

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan sejumlah menteri serta rombongan berkunjung ke Provinsi Lampung pada Jumat (5/5/2023) pekan lalu. Gubernur Lampung Arinal Djunaidi kemudian menjadi sorotan lantaran dari tingkah lucunya ketika menemani Presiden mengecek jalan-jalan rusak di Lampung.

Baca Juga

Dirangkum dari berbagai video yang bersumber dari media sosial Twitter, TikTok dan Instagram, tingkah Arinal terkesan kocak, memelas hingga banyak yang membuat meme tentang tingkah lucunya. Arinal tertangkap kamera ketika warga mulai bersorak menyebutnya, "Pak, foto, pak," kata salah satu penduduk. Kemudian Arinal bertingkah imut dan malu-malu.

Kemudian Arinal juga tertangkap kamera sedang bertepuk tangan ketika Jokowi menyampaikan isu jalanan rusak. Jokowi saat itu mengatakan, bahwa terdapat pembagian tanggung jawab mengenai pengelolaan jalan, semisal jalan nasional di pemerintah pusat, jalan provinsi di provinsi, dan jalan kabupaten di kabupaten/kota. 

"Kita ingin memperbaiki, jalan-jalan yang kita lihat baru saja tadi, baik jalan kabupaten, provinsi, baik jalan kota yang rusak parah. Tapi ini karena memang sudah lama, ya akan diambil alih oleh pemerintah pusat," ungkap Jokowi.

Pernyataan Jokowi tersebut langsung disambut tepuk tangan dan sorak warga. Arinal sontak ikut bertepuk tangan dan memberikan wajah semringah. Di sela-sela wawancara, tingkah Arinal juga terlihat membenarkan tali name tag yang ia kenakan.

Jokowi lalu mengungkapkan bahwa pemerintah pusat akan mengalokasikan dana Rp 800 miliar untuk perbaikan jalan di 15 ruas jalan di Lampung. Arinal juga mengungkapkan rasa syukur dan tersenyum. "Alhamdulillah," kata Arinal mengikuti pekikan warga.

Tingkah kocak Arinal lain yaitu saat dirinya terlihat buta nama daerah. Warganet menyoroti saat Gubernur Lampung dari Partai Golkar itu tertangkap kamera warga ketika ditanya Jokowi mengenai lokasi daerah yang menjadi tanggung jawabnya.

Namun dengan muka memelas, dia tidak dapat menjawab pertanyaan tersebut. Dalam video Arinal tampak berjalan meninggalkan Jokowi, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan untuk bertanya nama daerah yang tengah dikunjungi Jokowi kepada warga yang mengerubungi rombongan kunjungan.

"Ini apa nama daerahnya?" tanya Arinal.

"Seputih Raman," jawab penduduk.

Warganet kemudian menyindir dengan membuat unggahan-unggahan di TikTok. "Yang punya wilayah sampai nggak tahu nama wilayah yang jalannya rusak parah," kata akun TikTok @f.isma_one seperti dikutip Republika pada Senin (8/3/2023).

Arinal, yang lahir pada 17 Juni 1956 menjabat sebagai Gubernur Lampung pada 2019 yang saat itu menjadi ketua DPD Partai Golkar Lampung. Sebelumnya dia memulai karier dari staf, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Lampung (2005-2010), dan Sekretaris Daerah Lampung (2014-2016).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement