Senin 08 May 2023 14:09 WIB

Final Voli Putra SEA Games 2023: Indonesia Siap Cetak Hattrick Medali Emas

Di laga final sore ini, Indonesia akan menghadapi tuan rumah Kamboja.

Seorang pekerja Kamboja bersantai di depan spanduk yang mengiklankan Pesta Olahraga Asia Tenggara ke-32 (SEA Games 32) di Phnom Penh, Kamboja. Di cabang bola voli putra, timnas Indonesia pada Senin (8/5/2023), akan berlaga di babak final melawan tuan rumah. (ilustrasi)
Foto: EPA-EFE/KITH SEREY
Seorang pekerja Kamboja bersantai di depan spanduk yang mengiklankan Pesta Olahraga Asia Tenggara ke-32 (SEA Games 32) di Phnom Penh, Kamboja. Di cabang bola voli putra, timnas Indonesia pada Senin (8/5/2023), akan berlaga di babak final melawan tuan rumah. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Timnas voli putra Indonesia di ambang mencetak hattrick emas di SEA Games. Setelah sukses menjadi yang terbaik pada dua gelaran SEA Games sebelumnya, pada Senin (8/5/2023) sore, Rivan Nurmulki dkk akan kembali berlaga di partai final cabang olahraga voli putra SEA Games 2023 Kamboja di Olympic Indoor Stadium, Phnom Penh.

Indonesia yang diasuh oleh pelatih Jeff Jiang Jie lolos ke partai puncak kejuaraan dua tahunan ini setelah pada Ahad (7/5/2023) mengempaskan permainan alot Vietnam dengan skor telak 3-0 (30-28, 25-19, 25-18) pada laga semifinal. Tuan rumah Kamboja yang menjadi lawan bagi Rivan Nurmulki dan kawan-kawan maju ke final setelah mampu menghempaskan tim kuat Thailand pada laga semifinal lewat pertandingan lima set (18-25, 21-25, 25-21, 26-16, 15-10).

Baca Juga

 

Datang dengan pemain pilihan yakni Nizar Zulfikar, Rivan Nurmulki, Doni Haryono, Yuda Mardiansyah Putra, Hernanda Zulfi, Agil Angga Anggara, Fahreza Rakha Abhinaya, Dio Zulfikri, Fahri Septian, Boy Arnez, Hendra Kurniawan, Muhammad Malizi, Farhan Halim dan Henry Abe Novian, langkah Indonesia menuju puncak terbilang mulus.

Pada laga pertama, Rivan Nurmulki dan kawan-kawan mengalahkan tim kuat Filipina dengan skor meyakinkan 3-0 (25-18, 25-18, 25-23). Padahal sang lawan sesumbar telah bersiap diri dengan baik dan bertekad merebut emas dari tangan Indonesia.

Singapura menjadi korban berikutnya. Meski pertandingan sempat alot di set pertama, tapi mental sebagai tim juara bertahan terlihat jelas pada tim asuhan Jeff Jiang Jie ini. Timnas Indonesia akhirnya menang 3-0 (29-27, 25-8, 25-10) dan membawa tim ke semifinal.

Pada laga ketiga yang tidak menentukan, Indonesia harus berhadapan dengan tim tuan rumah Kamboja. Meski menang 3-0 (25-18, 25-21, dan 25-16), perjuangan Dio Zulfikri dan kawan-kawan untuk tidak mudah. Selain Kamboja juga memiliki para pemain yang bagus, pemain Indonesia juga mendapatkan teror dari ribuan suporter tuan rumah.

Bola voli merupakan salah satu cabang olahraga yang digemari masyarakat Kamboja selain sepak bola. Itu terlihat dari antusiasme penonton di venuevoli SEA Games. Jadi pantas jika tim tuan rumah bakal meneror luar dalam Indonesia dalam upaya mencetak hattrick emas bola voli putra SEA Games.

Para debutan

 

Pada SEA Games 2023 Kamboja, pelatih Jeff Jiang Jie tidak membawa lima pemain Indonesia yang tahun lalu tampil di SEA Games Vietnam yakni Irpan, Dimas Saputra, Rendy Febriant Tamamilang, Daffa Naufal, dan Sigit Ardian. Sebagai pengganti, Pengurus Pusat Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PP PBVSI) memanggil Boy Arnez, Hendra Kurniawan, Henry Ade Novian, Fahri Septian Putratama, dan Agil Angga Anggara.

Dari lima pemain baru, ada tiga nama pemain dari tim Jakarta LaVani yang merupakan juara Proliga musim ini yakni Boz Arnez, Hendra Kurniawan dan sang pemain terbaik Proliga, Fahri Septian Putratama.

Masuknya pemain debutan seperti Boy Arnez ternyata membuat warna baru bagi timnas. Terbukti pemain berusia 20 tahun ini mampu tampil apik di sejumlah laga. Pelatih Jeff Jiang Jie memberikan kepercayaan penuh saat laga melawan Filipina dan Singapura.

Boy Arnez bahkan mampu mengimbangi permainan para pemain senior timnas seperti Rivan Nurmulki yang selama ini kenyang pengalaman termasuk pada ketatnya kompetisi di luar negeri. Khusus untuk Fahri Septian, pelatih asal China itu memberikan kepercayaan dengan menjadi pemain inti sejak awal SEA Games dan kepercayaan tersebut dijawab dengan bagus oleh pemain muda yang belum lama ini mengakhiri masa lajangnya itu.

 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by VOLI INDONESIA (@voligram)

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement