Kamis 04 May 2023 19:08 WIB

Kepulauan Bangka Belitung Terpilih Menjadi Tuan Rumah Pertemuan Ombudsman Internasional

Pertemuan Ombudsman internasional akan digelar pada Agustus dan November 2023.

Penjabat (Pj) Gubernur Kep Babel, Suganda Pandapotan Pasaribu saat melakukan pembahasan terkait acara Pertemuan Ombudsman tingkat Internasional.
Foto: Dok. Pemprov Bangka Belitung
Penjabat (Pj) Gubernur Kep Babel, Suganda Pandapotan Pasaribu saat melakukan pembahasan terkait acara Pertemuan Ombudsman tingkat Internasional.

REPUBLIKA.CO.ID, PANGKALPINANG -- Dua acara internasional dipastikan akan diselenggarakan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Kep Babel) pada Agustus dan November 2023 mendatang, yakni The First Senior Officials Meeting (SOM) dan Sekretariat South East Asian Ombudsman Forum (SEAOF) & SEAOF + Meeting, merupakan pertemuan tingkat internasional kelembagaan Ombudsman. Nantinya, akan hadir Ombudsman Thailand, Filipina dan Timor Leste yang akan digelar di Pulau Belitong.

"Kita akan mendapatkan manfaat seperti belajar bagaimana pelayanan publik di negara-negara lain. Belum lagi, ini bisa menjadi ajang untuk memperkenalkan provinsi kita, juga nanti memperkenalkan budaya, wisata, bahkan membuat kita semakin dikenal di dunia internasional," kata Penjabat (Pj) Gubernur Kep Babel, Suganda Pandapotan Pasaribu, Kamis (4/5/2023), di Rumah Dinas Gubernur Kep Babel.

Baca Juga

photo
Penjabat (Pj) Gubernur Kep Babel, Suganda Pandapotan Pasaribu. - (Dok. Pemprov Bangka Belitung)

Terkait tentang kendala, seperti penerbangan, Suganda nantinya akan berkoordinasi dengan banyak pihak terkait hal tersebut. 

"Mengapa Belitung ini dipilih? karena kita sudah berpengalaman untuk menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang sifatnya internasional. Kita nanti mengkoordinasikan kira-kira pembiayaan mereka seperti apa dan apa yang bisa kita support, nanti tentu kita support seperti biasa, jadi sama seperti kegiatan-kegiatan G20 dan kegiatan ASEAN kemarin yang dilakukan di sini. Jadi disesuaikan saja, dan artinya juga bisa dipertanggungjawabkan pengeluaran dan sebagainya. Ini juga sejalan dengan, bagaimana support yang kita berikan kepada stakeholder baik internal maupun eksternal," jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement