Rabu 03 May 2023 05:27 WIB

Seusai Viral Jalan-Jalan Rusak di Lampung, Dikebut Diperbaiki Jelang Kunjungan Jokowi

Menurut Menteri PUPR, Jokowi pekan ini cek langsung jalan-jalan rusak di Lampung.

Jalan Ruas Rumbia, Lampung, viral pada Februari 2023 lalu. Presiden Jokowi pekan ini akan meninjau langsung jalan-jalan rusak di Lampung. (ilustrasi)
Foto:

Pada Senin (1/5/2023), Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dan Bupati Lampung Tengah Musa Ahmad meninjau jalan rusak di Kecamatan Rumbia. Beredar info, pada pekan ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meninjau jalan rusak di Lampung, sehingga pemerintah daerah pun bergerak cepat melakukan perbaikan.

Menurut Arinal, jalan di Rumbia sudah masuk dalam prioritas pembangunan  salah satu ruas jalan di Kabupaten Lampung Tengah yakni ruas Simpang Randu – Seputih Surabaya yang menjadi kewenangan Pemprov Lampung tahun 2023.

“Pembangunan ruas tersebut akan berkesinambungan melalui APBD dan APBN,” kata Arinal saat meninjau ruas jalan Rumbia, Senin.

Berdasarkan data Adpim Pemprov Lampung, Selasa (2/5/2023), pembangunan ruas jalan itu akan melalui struktur perkerasan jalan, baik flexible pavement maupun rigid pavement yang disesuaikan dengan kebutuhan di lapangan. Saat ini, sedang dalam tahap rekonstruksi jalan.

Arinal mengatakan, infrastruktur sendiri telah menjadi prioritas dan terdapat dalam salah satu misi dan visi rakyat Lampung Berjaya yakni mengembangakan infrastruktur guna meningkatkan efisiensi produksi dan koneksivitas wilayah. Namun, akibat pandemi Covid-19 beberapa tahun terakhir, dilakukan refocusing anggaran, untuk dialihkan ke bidang kesehatan yakni penanggulangan Covid-19, jaring pengaman sosial, dan stimulus ekonomi bagi pelaku UMKM.

Pemprov Lampung akan membagi anggaran penanganan jalan provinsi kepada kabupaten/kota. Khusus di Kabupaten Lampung Tengah tahun 2023, Pemprov Lampung akan melaksanakan pembangunan di beberapa ruas jalan yang menjadi kewenangannya.

 

photo
Gubenur Lampung Arinal Djunaidi tinjau jalan rusak poros Rumbia di Kecamatan Rumbia, Kabupaten Lampung Tengah, Lampung, Senin (1/5/2023). - (Dok Adpim Pemprov Lampung)

 

Bupati Lampung Tengah Musa Ahmad mengatakan, rencana kunjungan Presiden Jokowi ke wilayah Lampung Tengah sudah siap dan telah berkoordinasi semua pihak untuk kelancaran tinjauan jalan tersebut. 

“Seluruh jajaran siap dan juga berkoordinasi dengan unsur terkait guna kelancaran acara pada Rabu esok,” kata Musa.

Mengenai jalan rusak di ruas Kota gajah – Simpang Randu, Simpang Randu – Sadewa, termasuk di Seputih Banyak – Rumbia, ia mengatakan, saat ini sudah sudah selesai tender (lelang). Proses selanjutnya menurunkan alat berat di lokasi. Ia berharap masyarakat dapat menikmati jalan mulus tahun ini.

Presiden Jokowi dijadwalkan bertolak ke Provinsi Lampung, pada Rabu (3/5/2023), untuk mengecek langsung jalan rusak yang viral di media sosial, dan melihat kebijakan pemerintah daerah dalam menangani masalah itu. Namun, berdasarkan informasi yang diterima Republika, kunjungan ditunda sehari menjadi Kamis (4/5/2023).

"Gara-gara itu, kalau ada di medsos (media sosial) ramai, kita akan cek kebenaran dari policy, kebijakan dari pemerintah daerah dalam penanganan itu," kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono di lingkungan Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa.

Basuki akan mendampingi Jokowi berkeliling untuk meninjau sekitar dua hingga tiga titik jalan yang rusak. Menteri PUPR membantah bahwa instansi balai jalan di bawah Kementerian PUPR telah memperbaiki jalan di Lampung secara cepat, sebelum ketibaan Presiden.

"Belum ada perintah itu. Tapi survei iya. Mungkin karena yang mau dikunjungi Pak Presiden. Tapi pelaksanaannya saya yakin belum ada perintah," ujar dia.

 

photo
Tokoh-Tokoh Indonesia yang Jadi Nama Jalan di Luar Negeri - (Data Republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement