Selasa 25 Apr 2023 17:44 WIB

Wisatawan Pantai Selatan Jawa Timur Diimbau Waspada Gelombang Laut

Objek wisata Pantai Selatan padat pengunjung selama musim libur Lebaran.

Pengunjung bermain pasir di kawasan pantai (Foto: ilustrasi)
Foto: ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT
Pengunjung bermain pasir di kawasan pantai (Foto: ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, LUMAJANG -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang, Jawa Timur, mengimbau pengunjung pantai selatan yang berwisata saat libur Lebaran untuk tetap mewaspadai gelombang laut. Beberapa objek wisata pantai selatan yang selalu padat pengunjung saat libur Lebaran yakni pantai sepanjang wilayah Kecamatan Yosowilangun, Kunir, Tempeh, Pasirian dan Tempursari.

"Kami telah menyiagakan sejumlah personel di pos pengamanan pantai selatan untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan laut akibat gelombang tinggi," kata Kepala Bidang Kedaruratan Rehabilitasi, dan Rekonstruksi BPBD Kabupaten Lumajang Atma Teguh Pambudi di Pos Pengamanan Pantai Watu Pecak, Kecamatan Pasirian, Selasa (25/4/2023).

Baca Juga

Untuk mengantisipasi adanya kecelakaan laut atau pun kejadian yang membahayakan pengunjung, maka BPBD Kabupaten Lumajang bekerja sama dengan jajaran Polsek dan Koramil setempat untuk melakukan pengamanan dan pemantauan objek wisata pantai selatan.

"Satu tim melakukan patroli keliling untuk memantau sepanjang pantai selatan Kabupaten Lumajang yang menjadi pusat kegiatan wisata masyarakat saat libur Lebaran 2023," tuturnya.

Ia menjelaskan, para personel TRC BPBD Lumajang juga dibekali dengan sejumlah peralatan untuk menunjang tugas pengamanan dan penyelamatan yang dibekali dengan ringbuoy sama pelampung. "Mulai hari ini dikerahkan tiga personil kualifikasi SAR laut per pos dan sebanyak lima personil melakukan patroli dengan mobile untuk mengantisipasi hal-hal yang dapat menyebabkan kecelakaan laut," katanya.

Selain siaga pos pengamanan, kata dia, tim yang terdiri dari unsur TNI Polri, SKD, TRC BPBD dan Relawan juga melakukan sosialisasi berupa imbauan kepada masyarakat agar tetap waspada apalagi dengan gelombang laut yang besar. Sementara, untuk mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas di kawasan Pantai Selatan saat Lebaran ketupat, Dinas Perhubungan Kabupaten Lumajang melakukan pembatasan terhadap armada angkutan tambang pasir.

Hal tersebut bertujuan untuk memberikan kenyamanan berkendara bagi masyarakat yang akan berwisata di sejumlah kawasan pantai selatan saat libur Lebaran di Lumajang. Sementara Kapolsek Pasirian AKP Agus Sugiharto mengatakan pihaknya bersinergi dengan Forkopimca setempat untuk selalu memantau perkembangan situasi keamanan objek wisata yang ada.

"Hal itu kami lakukan guna memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang berkunjung untuk berekreasi ke wisata Pantai Watu Pecak atau wisata lainnya di wilayah setempat," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement