Ahad 18 Feb 2024 23:09 WIB

Taman Nasional Baluran Situbondo Dibuka Kembali untuk Wisatawan

Taman Nasional Baluran Situbondo sempat ditutup selama sebulan untuk pemulihan.

Wisatawan melintas di savana Bekol, Taman Nasional Baluran, Situbondo, Jawa Timur, Ahad (18/2/2024). TN Baluran kembali dibuka usetelah sebelumnya ditutup selama satu bulan untuk pemulihan kawasan.
Foto: ANTARA FOTO/Budi Candra Setya
Wisatawan melintas di savana Bekol, Taman Nasional Baluran, Situbondo, Jawa Timur, Ahad (18/2/2024). TN Baluran kembali dibuka usetelah sebelumnya ditutup selama satu bulan untuk pemulihan kawasan.

REPUBLIKA.CO.ID, SITUBONDO -- Kunjungan wisata alam Taman Nasional Baluran Situbondo, Jawa Timur, telah dibuka kembali untk wisatawan. Sebelumnua, kawasan tesebut sempat ditutup selama satu bulan pada 15 Januari sampai dengan 15 Februari 2024 untuk pemulihan kawasan.

Humas Balai Taman Nasional Baluran Situbondo Joko Mulyono mengemukakan bahwa kunjungan wisata Taman Nasional Baluran di Desa Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih, itu dibuka kembali sejak Jumat (15/2/2024). "Mulai hari Jumat dibuka kembali, dan keesokan harinya pengunjung sudah mulai banyak berdatangan," kata Joko Mulyono di Situbondo, Jawa Timur, Ahad (198/2/2024).

Baca Juga

Pada Sabtu (17/2/2024) atau libur akhir pekan, tercatat sekitar 400 orang wisatawan dari berbagai daerah berkunjung ke wisata alam Taman Nasional Baluran, baik di Bekol atau di sekitar pada sabana hingga Pantai Bama. Sedangkan pada hari ini, kata Joko, kunjungan wisatawan membludak di hari libur akhir pekan setelah objek wisata alam di kawasan suaka margasatwa itu ditutup sementara selama sebulan terakhir.

"Pengunjung wisata pada hari ini cukup banyak, ada sekitar 700 orang wisatawan lokal maupun luar daerah," katanya.

Joko mengatakan, mengenai tiket masuk objek wisata Taman Nasional Baluran masih tetap sama seperti sebelumnya, yakni pada hari kerja Rp 16 ribu per orang, Rp 18.500 per orang untuk hari libur (tanggal merah) termasuk libur akhir pekan. Sebelumnya, pengelola Taman Nasional Baluran Situbondo menutup sementara kunjungan wisata selama satu bulan per tanggal 15 Januari sampai 15 Februari 2024 untuk pemulihan kawasan usai libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Penutupan sementara aktivitas kunjungan wisata di kawasan suaka margasatwa itu selain untuk pemulihan kawasan juga sekaligus evaluasi kunjungan wisata. Selain pemulihan kawasan dan evaluasi selama kunjungan wisata, penutupan sementara wisata juga sekaligus akan dilaksanakan pembangunan atau pemeliharaan sarana prasarana wisata.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement