Selasa 25 Apr 2023 09:12 WIB

Peneliti IPI Yakin Erick Thohir Cawapres yang Direstui Jokowi untuk Lanjutkan Pembangunan

Selama ini, Erick Thohir selalu mendapat tugas strategis dari Presiden Jokowi.

Menteri BUMN Erick Thohir meninjau langsung kesiapan layanan PT KAI dalam menghadapi arus mudik lebaran 1444 Hijriah di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Selasa (18/4/2023).
Foto: Dok. Republika
Menteri BUMN Erick Thohir meninjau langsung kesiapan layanan PT KAI dalam menghadapi arus mudik lebaran 1444 Hijriah di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Selasa (18/4/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—Peneliti Utama Indikator Politik Indonesia (IPI), Kennedy Muslim menilai Menteri BUMN yang juga Ketua Umum (Ketum) PSSI Erick Thohir, adalah pemimpin yang mampu meneruskan program dan pembangunan yang dirintis Presiden Joko Widodo (Jokowi) di pemerintahan. Ia mengatakan, sosok pemimpin andalan dan kepercayaan Presiden Jokowi itu layak menjadi pilihan masyarakat untuk posisi calon wakil presiden (cawapres) di Pilpres 2024 mendatang.

“Erick Thohir dianggap oleh masyarakat bisa meneruskan program dan pembangunan dari Presiden Jokowi setelah 2024,” ungkap Kennedy Muslim dalam keterangannya, Selasa (25/4/2023)

Baca Juga

Ia menambahkan, Erick memang banyak mengemban amanah strategis dari Presiden Jokowi dan amanah tersebut berhasil dijalankan oleh Erick Thohir dengan penuh kesuksesan.

Di Kementerian BUMN, Erick berhasil meningkatkan laba setiap tahunnya, meningkatkan kontribusi kepada negara, memberantas korupsi dan melakukan transformasi.

 

Kemudian sebagai Ketua Pelaksana Komite Penanggulangan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN) Erick juga berhasil menjalankan tugas dari Jokowi untuk terus menggerakkan ekonomi masyarakat dan negara selama pandemi berlangsung.

Selain itu, Erick merupakan pemimpin utama yang akan ditunjuk Jokowi dalam upaya penyelamatan dunia sepak bola Indonesia. Ketika terjadi Tragedi Kanjuruhan, Jokowi langsung mengutus Erick untuk bernegosiasi bersama FIFA agar tidak menjatuhkan sanksi berat kepada Indonesia.

"Maka dari itu, masyarakat melihat Erick Thohir adalah pemimpin yang tepat untuk meneruskan kepemimpinan dan program kerja pembangunan Indonesia milik Jokowi di pemerintahan setelah habis masa jabatan pada 2024 mendatang," ujarnya.

Kennedy juga melihat Erick telah mendapatkan restu dari Presiden Jokowi untuk maju dalam Pilpres 2024 mendatang sebagai cawapres. Restu ini terlihat dari kerap kali orang nomor satu di Indonesia tersebut menggandeng Erick dalam acara formal maupun nonformal di masyarakat.

“Erick Thohir cawapres yang sudah direstui oleh Presiden Jokowi. Terlihat dari berbagai endorsement yang diberikan Presiden Jokowi kepada Erick Thohir, sering diajak bersama dalam acara politik maupun seremonial,” ucap Kennedy.

Adapun sejauh ini, Erick Thohir kerap dipasangkan dengan Ganjar Pranowo yang telah resmi menjadi bakal calon presiden dari PDIP. Presiden Jokowi sendiri telah menegaskan, Erick masuk ke dalam kandidat cawapres, bersama beberapa tokoh nasional lainnya. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement